Selamat Hari Palang Merah Indonesia! Beginilah Sejarah Terbentuknya
Markas besar Palang Merah Indonesia Pertama @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Tepat hari ini 73 tahun lalu, Palang Merah Indonesia (PMI) di bentuk untuk pertama kalinya. Sejak saat itu 17 September selalu diperingati sebagai Hari Palang Merah Indonesia.

PMI dibentuk sebagai sebuah badan yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan tanpa memihak pada suatu golongan politik, suku, ras atau agama tertentu. Badan ini bekerja dengan mengedepankan keselamatan dari korban atau pihak yang membutukan pertolongan.

Baca Juga: Polres Makota: Curanmor Masih Tinggi di Kawasan Kampus dan Kos

Mengutip Kompas.com, pada Senin (17/9), pada dasarnya badan ini sudah terbentuk sejak jaman kolonialisasi Belanda di Indonesia. Namun bukannya PMI, badan ini dinamai Het Nederland-Indiche Rode Kruis (NIRK). NIRK didirikan oleh pemerintah Belanda pada tanggal 21 Oktober 1873. Organisasi tersebut kemudian berubah nama menjadi Nederlands Rode Kruiz Afdelinbg Indie (Nerkai).

Dua orang Indonesia sempat mengajukan prposal pendirian palang merah sendiri kepada Nerkai. Namun, proposal tersebut ditolak. Bahkan hingga masa penjajahan Jepang, pembentukan palang merah milik Indonesia ini belum juga bisa terwujud.

Baca Juga: Habis Masa Edar, Tukarkan 4 Pecahan Uang Kertas ini Sebelum Terlambat!

Hingga, paska reformasi, Presiden Soekarno memberikan mandat kepada Buntaean Martoatmojo untuk membentuk PMI. Wakil Presiden pertama Indonesia, Mohammad Hatta ditunjuk sebagai ketua pertama badan kemanusiaan tersebut.

Saat ini PMI sudah tersebar di 33 provinsi di Indonesia, 371 Kabupaten/Kota dan 2.654 Kecamatan. Dari data pada Maret 2010 lalu, setidaknya 1,5 juta orang tercatat sebagai sukarelawan PMI.


Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...