Ilustrasi @zakisabena
Ilustrasi @zakisabena

MALANGTODAY.NET – Sejumlah negara tetangga mengimbau warganya yang ada di Indonesia untuk menjauh dari lokasi terkait aksi demo 22 Mei 2019. Mereka memberi peringatan keamanan terkait aksi tersebut.

Misalnya Kedutaan Besar (kedubes) Singapura di Indoneia meminta warganya unutk menghindari daerah-daerah tempat berkumpulnya massa.

“Warga Singapura di Indonesia disarankan untuk menghindari daerah-daerah dengan pertemuan massa ini, dan memonitor media lokal secara dekat untuk mengetahui perkembangan terbaru,” tulis Kedubes Singapura, seperti dilansir dari Detik.com, pada Senin (20/5/2019).

Warga Singapura juga didorong untuk melakukan register daring di laman resmi Kementerian Luar Negeri dan menghubungi pihak-pihak terkait, bila membutuhkan bantuan konselor.

Kedutaan Besar Singapura di Indoensia @citrust
Kedutaan Besar Singapura di Indoensia @citrust

Sementara, Kedubes Malaysia juga melakukan hal yang sama kepada warganya. Peringatan menjauhi lokasi demo itu disampaikan lewat ‘Notis Konsular’ pada Sabtu, (18/5/2019).

“Warga Malaysia di Indonesia disarankan untuk menjauhi daerah yang terkena dampak. Harap ikuti perkembangan media lokal dan jangan percaya pada informasi yang diragukan kebenarannya,” demikian bunyi notis tersebut.

Tidak hanya itu, warga Malaysia juga diminta untuk mengikuti arahan dari pihak berwenang dari waktu ke waktu dan menghubunginya bila membutuhkan bantuan.

Tidak hanya dua negara tetangga, Kedubes Amerika Serikat (AS) juga mengeluarkan peringatan kepada warganya yang ada di Indonesia. Mereka mengimbau untuk selalu waspada dengan lingkungan sekitar dan menjaga keamanan diri setiap saat.

Pihaknya juga menyarankan untuk menghidari area demonstrasi massa, memantau perkembangan media lokal, mendaftarkan diri di Smart Traveler Enrollment Program (STEP) untuk menerima pembaruan keamanan, dan memantau informasi di media sosial Konsulat Jenderal AS di Surabaya dan Kedubes AS di Jakarta.

Seperti diberitakan, rencana aksi demo tolak hasil rekapitulasi Pemilu 2019 berlangsung pada 21-22 Mei  2019 di depan kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta. Massa yang dipimpin oleh Ustaz Sambo ini akan memenuhi jalanan protokol di sekitar KPU. Selain itu, dia juga menyerukan menggelar buka bersama hingga tarawih di depan KPU. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.