Hari Pramuka dirayakan setiap tanggal 14 Agustus@ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

MALANGTODAY.NET-Tanggal 14 merupakan tanggal dimana Gerakan Pramuka Indonesia didirikan pada tahun 1961 silam. Gerakan Pramuka Indonesia merupakan nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia.

Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya.

Kelahiran Gerakan Pramuka ditandai dengan serangkaian peristiwa yang saling berkaitan.

Sebelum Hari Pramuka ditetapkan, terjadi peristiwa seperti Pidato Presiden/Mandataris MPRS dihadapan para tokoh dan pimpinan yang mewakili organisasi kepanduan yang terdapat di Indonesia pada tanggal 9 Maret 1961 di Istana Negara. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai “HARI TUNAS GERAKAN PRAMUKA”.

Kemudian pernyataan para wakil organisasi kepanduan di Indonesia yang dengan ikhlas meleburkan diri ke dalam organisasi Gerakan Pramuka yang dilakukan di Istana Olahraga Senayan pada tanggal 30 Juli 1961. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai “HARI IKRAR GERAKAN PRAMUKA”

Pada tanggal 14 Agustus 
 Pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, serta penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka.

Selain itu, pada tanggal yang sama dilangsungkan defile Pramuka yang bertujuan untuk memperkenalkan secara resmi Gerakan Pramuka Indonesia kepada khalayak. Sejak itu, tanggal 14 Agustus kemudian dikenal sebagai “HARI PRAMUKA”.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.