Gempa Meksiko Sebabkan Lima Tewas dan Picu Tsunami Kecil
Ilustrasi @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Sedikitnya 24 rumah mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Tasikmalaya, Senin (24/4) dinihari.

Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Alfian mengatakan tingkat kerusakan yang diderita mayoritas adalah kerusakan ringan.

“Hasil pendataan yang dilaporkan Senin pagi tercatat ada enam rumah rusak namun kemudian bertambah menjadi 24 rumah, mayoritas rusak ringan,” ujarnya.

Rumah warga yang mengalami kerusakan tersebar di Kecamatan Salawu sebanyak sembilan rumah, Kecamatan Cigalontang 13 rumah, Kecamatan Sukaresik dan Jatiwaras masing-masing satu rumah.

“Hanya dua rumah di Desa Nangtang, Kecamatan Cigalontang yang masuk kategori rusak sedang dan khusus,” katanya.

Alfian menyampaikan, bukan hanya rumah, satu masjid dan madrasah di Kecamatan Taraju mengalami kerusakan.

Selain itu, lanjut dia, di Kecamatan Cigalontang gempa bumi menyebabkan retakan tanah sepanjang 100 meter yang dapat mengancam kerusakan terhadap dua rumah.

Hingga kini, Alfian menambahkan, pihaknya masih terus melakukan peninjauan di lapangan untuk mengetahui dampak gempa bumi Tasikmalaya.

BACA JUGA : Gempa 5,4 SR Guncang Kabupaten Tasikmalaya

Sebelumnya,  Gempa bumi mengguncang Kabupaten Tasikmalaya, bahkan guncangan tersebut juga dirasakan hingga ke luar daerah seperti di Kabupaten Garut dan Bandung.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter tersebut terjadi di 58 KM Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kedalaman 13 KM pada Senin pukul 01.00 WIB. Demikian dilansir dari Antara.(zuk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.