Proses pembangunan jembatan (Istimewa)
Proses pembangunan jembatan (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Hujan sepanjang hari yang mengguyur Kabupaten Jember pada Senin (18/03/2019) tidak mengendorkan semangat kerja Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0824/Jember.

Dibawah komando Komandan Kompi Satgas TMMD Kapten Inf Suwarno dan Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0824 Kapten Inf Sondah Krisyamto tetap menyelesaikan pengecoran jembatan.

Kegiatan dimulai dengan apel pada jam 07.00 WIB dan diakhiri hingga pukul 22.00 WIB. Dalam tahap pengecoran jembatan setidaknya melibatkan 10 prajurit TNI, 13 orang warga, dan 5 orang tenaga teknis.

Mereka dengan semangat melakukan pengecoran jembatan yang menjadi sasaran primadona TMMD ke-104 Kodim 0824/Jember. Proses pengerjaan diawali dengan pemasangan rangka besi leter H. Kemudian dilanjutkan dengan pengecoran rangka besi selama dua hari lamanya.

Selanjutnya, pengecoran setebal 20 centimeter dengan lebar 3 meter dan panjang 6 meter tersebut dilakukan menggunakan molen beton. Pengecoran beton lantai jembatan mampu diselesaikan dalam beberapa jam. Pengecoran malam memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan pengecoran pada saat siang hari.

Upaya percepatan pekerjaan jembatan di Dusun Karang Kebun, Gunungmalang, Jember guna menjawab kekhawatiran berbagai pihak terhadap penyelesaian jembatan tersebut. Dengan pelindung tenda prajurit Satgas TMMD Ke 104 Kodim 0824/ Jember mampu mengoptimalkan diri dan menyelesaikannya.

Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar sekaligus sebagai Komandan Satgas TMMD ke-104 sejak beberapa hari ini memang selalu memotivasi pasukannya untuk membuktikan bahwa pihaknya mampu menyelesaikan semua pekerjaan ini.

“Kalau kita semangat, dengan inspirasi pejuang kemerdekaan kita dulu tidak punya senjata hanya bermodal semangat saja mampu mengalahkan penjajah yang memiliki senjata modern,” terangnya.

Bermodal semangat, para satgas TMMD ini berusaha mempercepat pembangunan jembatan yang lama diidamkan masyarakat ini. Jembatan ini merupakan penghubung tiga desa yaitu Desa gunung Malang-Desa Rowosari-Desa Sumberjambe, Jika pengerjaan jembatan selesai, maka jembatan ini bisa dilalui kendaraan roda empat.

“Untuk itu saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas semangat juang seluruh prajurit Satgas TMMD Ke 104 Kodim 0824/Jember, masyarakat dan tim teknis yang mampu melakukan terobosan percepatan pengerjaan semua sasaran termasuk jembatan Dusun Karang Kebun tersebut. Tetap semangat hingga tuntas semua pekerjaan TMMD ini, ” tegas Letkol Inf Arif Munawar. (YOG/AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.