Saran Ipang buat Gerindra Jika Mau Untung Besar  - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA – Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menyarankan agar Partai Gerindra menjadi oposan bagi pemerintahan Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin. Menurutnya, partai pimpinan Prabowo Subianto itu justru bakal untung besar secara elektoral pada Pemilu 2024 jika memilih menjadi oposisi.

“Sebaiknya Gerindra jangan bergabung dengan koalisi kalau bicara insentif elektoral di Pemilu 2024. Kalau pemerintah gagal karena banyak janji enggak tecapai, sangat memungkinkan pemerintah kehilangan popularitas di pemilu mendatang,” ujar Pangi kepada jpnn.com, Jumat (19/7).

Direktur eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu menambahkan, Gerindra sejak pertama kali berdiri selalu menjadi oposisi. Menurutnya, kekuatan oposisi bakal memeroleh bonus elektoral yang sangat besar jika mampu mengambil peran maksimal di saat citra pemerintahan mendatang meredup.

“Saya kira itu momentum yang paling besar memenangi Pemilu 2024. Apalagi genetikanya Gerindra sejak berdiri selalu berada di luar pemerintahan, tentu cukup menguntungkan,” katanya.

Pengamat politik yang akrab disapa dengan panggilan Ipang itu menegaskan, pemerintahan tanpa oposisi tak baik bagi demokrasi. Sebab, tak ada kekuatan yang mengontrol dan mengawasi pemerintah.

“Saya kira pemerintahan tanpa oposisi itu cukup berbahaya. Pemerintah bisa berbuat sesuka hati, tak ada kompetisi,” pungkas Pangi.(gir/jpnn)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.