Sandiaga Disambut Cincin Matahari di Tegal, Pertanda Baik atau Musibah?
Kunjungan Sandiaga Uno (kedua dari kanan) disambut fenomena cincin matahari di Tegal, Jawa Tengah @Detik

MALANGTODAY.NET – Kunjungan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Uno, di Tegal, Jawa Tengah, menyisakan kisah menarik. Kedatangannya di Desa Herjosari disambut dengan fenomena alam menakjubkan. Pada saat itu, tampak fenomena alam matahari dikelilingi cincin pelangi di langit Kota Tegal.

Dilansir dari DetikNews, Senin (11/2/2019), Sandiaga yang tengah terlibat dalam dialog interaktif dengan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Herjosari dibuat takjub dengan fenomena cincin matahari itu. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakrta itu sendiri juga menyempatkan untuk mendongak ke langit.

Menurut tokoh Desa Herjosari, Khalid Mawardi, fenomena ini menandakan bahwa alam juga turut menyambut kedatangan Sandi. Khalid berharap hal ini bisa menjadi pertanda baik.

“Kita lihat kedatangan pak cawapres kita disambut fenomena alam, matahari dikelilingi cincin pelangi, semoga ini menjadi pertanda baik. Alam ikut menyambut Sandiaga Uno,” tuturnya.

Namun benarkah cincin matahari merupakan pertanda baik?

Dilansir dari Tirto.id, (10/4/2018), fenomena ini disebut fenomena halo. Hal ini disebabkan karena terjadinya pembiasan sinar matahari oleh awan tinggi. Hasilnya, terbentuk fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari.

Meski begitu, mitos yang berkembang di Indonesia menyebutkan bahwa fenomena halo ini akrab kaitannya dengan bencana. Dalam kebudayaan Jawa, fenomena halo diyakini sebagai pertanda akan datangnya bencana.

Namun hal itu dibantah oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Daerah Istimewa Yogyakarta. Fenomena cincin matahari merupakan sesuatu yang lazim terjadi dan tak ada kaitannya dengan tanda-tanda bencana. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.