Ijab kabul Kahiyang dan Bobby @ Twitter.com/jokowi

MALANGTODAY.NET – Sah! Presiden Jokowi menikahkan putri semata wayangnya, Kahiyang Ayu dengan pemuda asal Sumatera Utara, Muhammad Bobby Afif Nasution, pada hari ini, Rabu (8/11).

Bertempat di Gedung Graha Saba Buana, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, semua pihak sudah menyiapkan diri untuk hari besar tersebut sejak pukul 07.30 WIB.

Kedua mempelai dikirab dari tempat tinggalnya masing-masing. Bobby dikirab dari Hotel Alila, Solo. Sedangkan Kahiyang dikirab dari kediamannya di Jalan Kutai Utara, Banjarsari, Solo.

Sah! Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution Resmi Jadi Suami Istri
Bobby Nasution dikirab dengan Kereta Kencana @ Instagram.com

Kedua mempelai menggunakan kebaya tradisional adat Jawa Tengah, berwarna hitam dan berbahan beludru. Kahiyang pun nampak ayu dengan polesan makeup khas pengantin wanita adat Jawa.

Bobby Nasution mempersunting Kahiyang Ayu dengan mas kawin seperangkat alat salat dan emas 80 gram yang dibayar tunai.

Untuk prosesi ijab kabul, Jokowi menikahkan putrinya sendiri. Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, akan menjadi saksi pernikahan dua sejoli tersebut. Pernikahan ini telah dicatat oleh Ketua Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Basir.

Sebelum ijab kabul dimulai, terdapat prosesi pembacaan ayat suci Alquran. Lalu dilanjut dengan khotbah pernikahan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj.

Dilansir dari Kompas TV, calon mempelai pria sesekali terlihat menghela napasnya dan mencoba menenangkan diri sebelum pengucapan janji sucinya.

Sekitar pukul 09.27 WIB, Bobby Nasution dan Presiden Jokowi berhasil melakukan proses ijab kabul dengan lancar dalam satu napas, tanpa ada kendala sedikitpun.

Setelah dinyatakan sah, doa pun dipanjatkan untuk kelangsungan rumah tangga Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution kedepannya.

Keduanya langsung memasangkan cincin pernikahan di jari manis tangan kanan masing-masing dilanjut befoto bersama keluarga dan menerima ucapan selamat di atas pelaminan.

Posisi Kahiyang yang tadinya berada di sebelah kanan saat proses ijab kabul, sekarang sudah berpindah ke sisi kiri dari suaminya. Hal ini menandakan bahwa kakak dari Kaesang Pangarep tersebut, sudah resmi menjadi istri.

Pada acara ijab kabul ini, juga turut hadir mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono beserta istri, Ibu Ani Yudhoyono. Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono, mantan Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri dan istri mantan Presiden Republik Indonesia (alm.)  K. H. Abdurrahman Wahid  (Gus Dur), Sinta Nuriyah Wahid.

Presiden Jokowi sendiri merasa bahagia dengan berhasilnya proses ijab kabul pagi ini. ia langsung menuliskan perasaannya melalui akun Twitter pribadinya, @jokowi.

Selanjutnya, rangkaian acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, akan dilanjutkan dengan resepsi pernikahan yang digelar dua sesi, pagi dan malam, di tempat yang sama. Untuk resepsi malam hari akan dilaksanakan pada pukul 20.00 – 21.00 WIB. (Ans)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda