JawaPos.com – Berbagai tahapan penting dalam diri seorang anak, antara lain, bermula pada seribu hari pertama kehidupannya. Hal itu dimulai sejak janin bersemayam di dalam rahim ibunya hingga saat dia berusia 2 tahun. Saat itu organ-organ vital di dalam tubuh mulai tumbuh. Misalnya, otak, hati, jantung, dan sebagainya. Karena itu, ibu hamil alias bumil sebagai calon ibu mesti aware demi tumbuh kembang optimal sang jabang bayi.

Hal tersebut diutarakan dr Rihayani Msc SpA. Alumnus kedokteran Universitas Airlangga yang menuntaskan program spesialis anak di Universitas Udayana Bali itu menuturkan, dalam periode seribu hari tersebut, seorang ibu harus sudah teredukasi dengan baik. Selama mengandung, bumil minimal empat kali memeriksakan kehamilannya agar perkembangan bayi bisa dipantau.

Dengan begitu, jika ada sesuatu yang mencurigakan, hal itu dapat dideteksi dan dicarikan solusi sejak dalam kandungan. Selain itu, berat badan (BB) calon ibu wajib dipantau agar tidak naik terlalu drastis atau justru malah kurus. ’’Tidak boleh berlebih atau sangat kurang kenaikan BB-nya. Bumil yang indeks massa tubuhnya sudah besar sebelum hamil, total kenaikan BB-nya justru akan semakin sedikit. Tidak sebanyak orang yang massa tubuhnya kecil,’’ terang dokter anak yang berpraktik di National Hospital (NH) tersebut.

Dokter yang akrab disapa Yani itu mengungkapkan, kasus yang kerap terjadi adalah kenaikan BB yang melonjak drastis. Penyebabnya, bumil kurang bisa mengendalikan asupan makanan dengan kalori berlebih.

Pemenuhan nutrisi seimbang juga merupakan hal yang tidak bisa ditawar. Bumil perlu mengonsumsi karbohidrat, lemak, protein, kalsium, secara seimbang. Tidak bisa timpang salah satunya karena masing-masing punya peran untuk umbuh kembang bayi di dalam perut.

’’Nutrisi harus diperhatikan betul karena memang organ seperti otak tumbuh pada saat itu. Harus didukung nutrisi seimbang. Sebab, otak sendiri kan merupakan salah satu aset dan bekal anak sampai dia besar nanti. Nutrisi saat bayi dalam kandungan ya didapat dari ibunya,’’ papar magister UGM tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ. Seribu hari kehidupan pertama pun berlanjut saat bayi lahir ke muka bumi. ’’Kemampuan anak akan berkembang seiring usia. Jika pada seribu hari pertama tumbuh kembangnya nggak optimal, akan berpengaruh pada kemampuan anak yang juga tidak bisa optimal,’’ tandas Yani

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.