Mantap, Rupiah Jadi Satu-satunya Mata Uang Asia yang Gagal Ditaklukkan Dollar!
Ilustrasi rupiah @Faktual

MALANGTODAY.NET – Keperkasaan Dollar berhasil menaklukkan berbagai mata uang di Asia. Mulai dari Yuan, Yen, Won, hingga Baht pun terkena getahnya. Namun ada satu mata uang Asia yang gagal ditaklukkan oleh mata uang Amerika Serikat (AS) itu. Yap, itu adalah Rupiah! Pertanyaannya, bagaimana bisa?

Dilansir dari CNBC Indonesia, Rabu (20/3/2019), Rupiah tercatat berada di level Rp14.210 per Dollar AS. Posisi mata uang Indonesia ini menguat hingga 0,11 persen dibandingkan posisinya saat penutupan hari sebelumnya. Saat pembukaan pasar hari ini, mata uang ini hanya menguat 0,1 persen, kemudian tergerus hingga sempat habis.

Namun tak lama kemudian, Rupiah menunjukkan tajinya dan kembali masuk ke jalur hijau. Penguatannya bahkan semakin mantap. Jika ini bertahan hingga penutupan, maka Rupiah akan menguat secara beruntun. Jika pengandaian ini benar-benar terjadi, maka ini akan menjadi penguatan terpanjang sejak 22 – 28 Januari lalu.

Hal ini justru berbanding terbalik dengan para tetangga di Asia. Baht Thailand bahkan harus terjun bebas sebanyak 1,16 persen di sesi ini. Disusul Dollar Filipina (0,13 persen) dan Dollar Singapura (0,10 persen). Yen Jepang bahkan melemah drastis sebanyak 0,20 persen. Bahkan Ringgit Malaysia yang sempat menjadi mata uang terbaik terpaksa kandas dan tak lagi menguat (0,10 persen).

Selain Ringgit Malaysia, mata uang lain seperti Won Korea dan Dollar Hongkong juga tak mencatatkan penguatan apapun.

Catatan ini tentunya menyenangkan bagi para pelaku ekonomi Indonesia mengingat cukup lama Rupiah Indonesia tidak menguat di perdagangan pasar. Dengan demikian, mata uang Indonesia itu menjadi mata uang utama Asia pada pukul 12.10 WIB tadi. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.