Rocky Gerung @Monitor

MALANGTODAY.NET – Debat lanjutan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang mempertemukan calon wakil presiden (cawapres) 01, Ma’ruf Amin, dan cawapres 02, Sandiaga Uno, menyisakan cerita menarik. Banyak yang tidak menyangka performa cawapres 01 begitu mengesankan. Tak terkecuali pengamat yang kerap mengkritik pemerintah, Rocky Gerung.

Dilansir dari CNN Indonesia, Rocky mengaku tak menyangka penampilan Ma’ruf bisa sangat percaya diri ketimbang kompetitornya, Sandiaga Uno. Pengamat politik itu mengaku terkejut dan memuji apa yang telah ditunjukkan oleh cawapres 01 itu mematahkan asumsi masyarakat akan kemampuannya. Ia juga memuji debat ketiga ini tidak membosankan dibandingkan sebelumnya.

“Kiai Ma’ruf lebih percaya diri daripada Sandi. Masyarakat tidak menduga Kiai Ma’ruf bisa tenang, lengkap ungkapannya. Iya surprise (dibanding dengan debat sebelumnya). Saya katakan bahwa Kiai Ma’ruf lebih paham dengan Pak Jokowi,” tutur Rocky.

Senada dengan Rocky, politikus Golkar juga mengaku terkesan dengan performa mantan Rois Am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu. Menurut Nusron, hal ini karena latar belakang Ma’ruf sebagai mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia yang terbiasa berdebat sebelum menelurkan fatwa ulama.

“Latar belakang Ma’ruf penuh perdebatan, 30 tahun aktif di fatwa ulama. Mengejutkan di luar ekspektasi, tapi saya tidak kaget,” kata Nusron.

Meski mengesankan, performa yang ditunjukkan oleh cawapres 01 itu bukannya tanpa cela. Penurunannya mulai terlihat jelang berakhirnya debat. Sebaliknya, Sandiaga kembali menunjukkan ‘kelasnya’ dengan segala pengalaman dan pengetahuannya. “Di depan kamera, Sandi lebih unggul secara substansi,” kata Rocky.

Dalam debat semalam, Ma’ruf memang mengejutkan dengan beberapa istilah yang kerap ia lontarkan. Ia sempat menyebutkan kata #10YearsChallenge, tagar yang sempat viral di awal 2019 lalu. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.