Kabar Gembira, Aprindo Hentikan Program Kantong Plastik Berbayar
Aprindo Hentikan Program Kantong Plastik Berbayar

MALANGTODAY.NET – Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memberhentikan program kantong plastik berbayar yang dijalankan di toko ritel modern seluruh Indonesia per 1 Oktober 2016.

Dengan demikian, uji coba kantong plastik berbayar yang dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) itu berakhir. Keputusan menggeratiskan berlaku di seluruh jenis kategori ritel seperti mini market, super market, hypermarket, wholeseller, dan departemen store.Dilansir okozone, langkah ini dilakukan Aprindo hingga pemerintah menerbitkan aturan yang lebih kuat.

Baca Juga: Terancam, Istri Korban Pembunuhan Dimas Kanjeng Minta Perlindungan

Ketua Umum Aprindo Roy Mandey mengatakan, pada prinsipnya Aprindo mendukung pelaksanaan berbayar untuk mengurangi sampah yang selama ini mencemari lingkungan. Namun, usai melakukan dua tahap uji coba penggunaan ini berbayar anggota Aprindo mulai mengeluhkan sulitnya penyelenggarakan program kantong plastik tidak gratis (KPTG). Hal itu dikarenakan setiap daerah miliki aturan berbeda.

“Melalui dasar peleno dan sepakati per 1 Oktober kemarin, kami sampaikan bahwa Aprindo menggratiskan kembali. Karena kami mulai menghadapi kesulitan pelaksanaan dan intervensi dari pihak-pihak lain,” pungkasnya. (okz/in)

 

 

Berikan tanggapan Anda