Resmi! Jokowi Tetapkan 23 Juni Cuti Bersama Lebaran 2017
ilustrasi

MALANGTODAY.NET – Pemerintah resmi menetapkan 23 Juni sebagai cuti bersama Lebaran 2017. Dengan demikian, masyarakat umumnya dan pegawai negeri sipil (PNS) khususnya memiliki lima hari cuti bersama pada 23, 27 sampai 30 Juni 2017.

Keputusan tersebut berdasarkan Keppres yang ditandatangani Presiden Joko Widodo dalam Keputusan Presiden No 18 tahun 2017 pada tanggal 15 Juni 2017.

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung menjelaskan pasal pertama dalam Keppres tersebut mengatur mengenai tanggal yang diliburkan sebagai cuti bersama adalah tanggal 23, kemudian 27, 28, 29, dan 30.

“Untuk Idul Fitri sendiri tidak termasuk dihitung menjadi cuti,” ujarnya, Kamis (15/6).

Pada pasal kedua Keppres tersebut disebutkan bahwa cuti bersama tersebut tidak mengurangi hak cuti tahunan PNS.

“Cuti ini diatur supaya tidak ada lagi PNS yang tidak masuk kerja dengan alasan persoalan transportasi atau lainnya, kedua dalam pasal 333 ayat 4 PP 11 No 2017 yang mengatur Cuti Bersama untuk PNS dimungkinan Presiden mengatur cuti itu,” tambah Pramono.

Harapannya, dengan adanya total libur selama delapan hari dengan menggabungkan Idul Fitri dan hari Minggu akan ada distribusi ekonomi ke daerah.

“Harapannya adanya distribusi ekonomi pada saat Idul Fitri ke daerah dan memberikan kesempatan kepada PNS untuk bersilaturahim dengan keluarga, pengaturan cuti bersama ini sudah ditandatangani Presiden dan berlaku bagi PNS,” ungkap Pramono.

Artinya bagi PNS yang membolos di luar jatah cuti bersama itu,maka pemerintah akan memberikan sanksi.

“Kalau sudah diberikan cuti 23-30 Juni tapi liburnya masih bertambah, maka PNS-nya akan diberikan sanksi, karena ini sudah diatur lebih detil mengenai cuti bersama,” ungkap Pramono. Demikian dikutip dari Antara.(zuk)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.