Rapat Anggota DPR Sepi, Ketua DPR Malah Minta Masyarakat Kritik yang di Kantor!
Ilustrasi rapat DPR yang sepi @Media Indonesia

MALANGTODAY.NET – Banyaknya anggota DPR RI yang absen saat Rapat Paripurna ke-14 masa sidang IV pada Selasa (19/3/2019) lalu menyisakan kritik dari masyarakat. Pasalnya, mereka yang absen dianggap tidak bertanggung jawab dengan aspirasi rakyat di pundaknya. Namun, anggapan itu dipatahkan langsung oleh Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo. Kok malah nggak terima?

Dilansir dari Kompas, Rabu (20/3/2019), Bamsoet meminta masyarakat seharusnya mengkritisi anggota dewan yang lebih betah berada di kantor. Menurutnya, mereka bisa jadi malah enggan untuk turun ke daerah dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat.

“Jadi yang harus kita kritisi adalah kalau ada anggota DPR itu lebih betah di kantor daripada mengunjungi konstituen di desa-desa, di kampung-kampung, ke daerah-daerah untuk menyerap aspirasi,” terang Bamsoet saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Politikus Partai Goklar ini menganalogikan kinerja anggota DPR dengan wartawan. Menurutnya, seorang wartawan yang hanya berdiam diri di kantor tentunya tak akan mendapatkan berita. Hal serupa juga turut berlaku untuk anggota dewan.

“Begitu juga kalau anggota DPR di kantor, pasti enggak dapat aspirasi rakyatnya. Darimana dia bisa menyerap aspirasi rakyatnya kalau dia tidak turun ke daerah-daerah?” imbuhnya.

Bamsoet juga mengungkapkan alasannya mengizinkan anggota DPR untuk meninggalkan rapat lantaran ada tugas yang tak kalah penting di luar. Hal ini selaras dengan pernyataannya sebelumnya yang meminta masyarakat agar meluruskan pandangannya.

Sebelumnya, rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR, Utut Adianto, menyebutkan bahwa sebanyak 293 anggota telah menandatangani daftar hadir. Sementara itu, 243 anggota izin. Namun beberapa media menyebut bahwa yang menghadiri rapat paripurna itu tak lebih dari 50 orang.

Jadi, mana yang benar, wakil rakyat? (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.