MALANG – Rabu (19/9) bertempat di Ruang Sidang Balaikota Malang telah dilaksanakan Rapat koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Malang yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji.

Ada tiga sasaran dibentuknya TPKAD ini yaitu; meningkatkan akses keuangan, medorong perekonomian daerah dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dalam rakor tersebut hadir sekretaris daerah Kota Malang, kepala kantor perwakilan Bank Indonesia, Kepala Kanwil Pegadaian, Kepala Kantor OJK Malang dan Kepala OPD Kota Malang.

Kepala Kantor OJK Malang, Sugiarto Kasmuri menyampaikan bahwa salah satu tujuan awal dibentuknya TPKAD harus kembali diingat, yakni perlunya peningkatan akses masyarakat dan UMKM terhadap jasa keuangan formal dalam rangka pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan.

Melalui survei nasional terhadap literasi dan inklusi keuangan terakhir yang dipaparkan, tampak bahwa inklusi yang kita miliki sudah lebih baik dari sebelumnya. “Namun, perlu disoroti pula bahwa bila secara umum kita melihat tingkat literasi, dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan dan akses masyarakat terhadap jasa keuangan formal masih tergolong minim”, paparnya.

Paparan data survei yang disampaikan oleh Kepala Kantor OJK Malang dilanjutkan dengan pernyataannya yang menekankan kembali tentang pentingnya TPAKD. Mengutip dari World Bank, beliau menyampaikan bahwa apabila tingkat inklusi keuangan meningkat 1% saja, maka presentase ini mampu mendorong pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) per kapita. “Kalau inklusi keuangannya naik sampai 20%, hal ini dapat menambahkan 1,7 juta lapangan pekerjaan baru. Inilah yang menjadikan hal ini begitu penting”, tambah Sugiarto Kasmuri.

Wali Kota Malang Sutiaji dalam sambutannya menyampaikan keyakinan beliau bahwa apabila UMKM dapat dikembangkan melalui peranan TPAKD, maka pertumbuhan ekonomi dan perbankan Kota Malang akan semakin bagus. “Oleh karena itu, literasi di kalangan masyarakat harus lebih kita tingkatkan.” Ujarnya.

“Merupakan tugas kita semua dalam mendukung berjalannya TPAKD Kota Malang, termasuk dalam memberikan kontribusi pemikiran, yang akan menjadi bahan masukan dalam menjalankan program kerja dengan harapan nantinya dapat diimplementasikan dan memberikan manfaat bagi masyarakat” tambah Sutiaji dalam sambutannya. (Rn/EM)(*)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.