MALANG KOTA – Gelaran menyambut Festival Panji Nusantara 2019 berlangsung semarak di Taman Krida Budaya Jawa Timur tadi malam (10/7).

Event yang menjadi pra-acara festival yang digelar di empat kota/kabupaten ini dihelat Komunitas Topeng Malang.

Pentas diawali dengan suguhan tari Garuda Nusantara oleh tujuh penari berbalut busana dengan nuansa warna merah, hitam, dan emas. Disusul tampilnya tari Topeng Ragil Kuning oleh lima penari dengan seorang penari utama.

Pada pra-acara Festival Panji Nusantara 2019 ini juga ditampilkan sendratari Wayang Topeng Panji dengan Lakon Rabine Panji yang didalangi Ki Kasnam Wibowo.

”Yang kami lakukan ini murni sumbangsih kami untuk Festival Panji Nusantara 2019, acara malam ini memang terlepas dari rangkaian acara disbudpar, namun kami para komunitas diberi ruang untuk menampilkan sebuah karya,” ujar Isa Wahyudi, anggota Komunitas Topeng Malang.

Isa menambahkan, pihaknya cukup surprised saat mendapat kabar untuk menampilkan karya di acara pra-acara Festival Panji Nusantara 2019. Namun kesempatan tersebut tak disia-siakan oleh Komunitas Topeng Malang.

”Untungnya kami semua sudah terbiasa dalam bekerja cepat seperti ini,” tambah Isa yang juga pengagas Kampung Budaya Polowijen.

Sementara itu, Festival Panji Nusantara 2019 sendiri digelar di lima kota di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Blitar, Tulungagung, dan Kediri serta berakhir di Kota Malang.

Event bertema ”Transformasi Budaya Panji” ini merupakan kerja sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, dan Pemerintah Kota/Kabupaten yang menjadi tuan rumah event.

Selain itu, gelaran ini juga didukung Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jogjakarta dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Mojokerto.

Pewarta : nr4
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Ahmad Yani

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.