KOTA MALANG – Kantong Imunisasi Kampung Biru Arema (Kantin KBA) yang digalakkan sejak 2018 sukses mencapai target. Bayi di kawasan Kelurahan Kidul Dalem itu sudah hampir 100 persen menerima imunisasi.

Kesuksesan itulah yang ingin ditularkan Puskesmas Arjuno ke 3 kelurahan lain yakni Penanggungan Oro-oro Dowo dan Kauman. Dalam waktu dekat Puskesmas Arjuno akan membuat hal serupa di Posyandu 3 kelurahan itu.

“Rencananya kita akan bikin kantong imunisasi juga di 3 kelurahan lain itu. Karena ini sukses mengingatkan para ibu maupun kader untuk imunisasi dasar lengkap,” ujar Kepala Puskesmas Arjuno, dr. Ida Megawati.

Kantin KBA selama ini dilakukan dengan peletakkan kantong imunisasi di Posyandu yang ada di Kampung Biru Arema. Ada 12 saku di kantong tersebut yang berisi kartu imunisasi sesuai jadwal imunisasi bayi. Misalnya bayi A dijadwalkan imunisasi bulan September maka kartu kendalinys akan berada di kantong bulan tersebut.

“Kadang-kadang ada yang sudah imunisasi sampai 4 kali gitu lalu pindah wilayah. Itu datanya jadi nggak bisa di uji di akhir. Ke depan kita akan kerjasama dengan lingkar sektor untuk update datanya,” papar Ida.

Harapannya dengan pengembangan replikasi dan advokasi lintas sektor, seluruh bayi dari 4 kelurahan wilayah Puskesmas Arjuno dapat terpantau. Sebab jika mengabaikan imunisasi dasar lengkap bisa jadi akan terserang penyakit menular seperti campak hingga cacar. Kondisi tersebut, tak hanya berbahaya untuk bayi itu sendiri tapi juga bayi lain.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.