NGAJUM – Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, ini punya cara tersendiri untuk memperkenalkan potensinya. Dibalut dalam acara bertajuk ”Dolan Nang Ndeso” kemarin (14/8), sejumlah potensi coba dikenalkan warga di sana. Ada potensi kopi, cengkeh, dan ketela yang dipamerkan warga.

Ada pula pengenalan terhadap sejumlah destinasi wisata yang dilakukan. Di sana diketahui ada Sumber Air Umbulan. ”Sumber Air Umbulan itu kini dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maguwon,” terang Camat Ngajum Tito Febrianto Hadi Prasetya yang kemarin turut meninjau acara.

Selain potensi wisata Sumber Air Umbulan, dia juga membeberkan dan mengenalkan destinasi lain.  Salah satunya yakni keraton yang ada di Dusun Gendogo.

”Di sana ada taman-taman dan udaranya cukup segar,” imbuhnya. Khusus untuk potensi kopi, di sana memang ada beberapa jenis yang dikembangkan warga. Ada kopi jenis robusta, arabika, dan excelsa. Produk warga di sana lebih banyak dikenal dengan sebutan Kopi Lereng Gunung Kawi.

Seluruh pengenalan potensi tersebut mendapat dukungan penuh dari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Diketahui bila festival ”Dolan Nang Ndeso” itu menjadi bagian dari program kerja (proker) unggulan dari mahasiswa KKN UMM 91.

”Kami sudah siapkan acara ini dari sebulan sebelumnya, Mas,” terang Ketua KKN UMM 91 Mahendra Pradana Harahap. Sejumlah pernak-pernik acara turut disajikan kemarin. Salah satunya yakni acara fashion show khusus anak-anak.

Pewarta : nr1
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.