NGANTANG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang punya cara untuk terus mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Malang. Salah satunya melalui Program Padat Karya Infrastruktur di Desa Mulyorejo, Kecamatan Ngantang.

Program ini merupakan implementasi dari program Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI. Konsepnya adalah memberdayakan masyarakat agar bisa bersinergi membangun daerahnya sendiri.

“Kami memberdayakan 88 tenaga kerja untuk melakukan program Padat Karya Infrastruktur di Desa Mulyorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Di mana para tenaga kerja tersebut merupakan warga setempat,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Penta Kerja Disnaker Kabupaten Malang, Rahmat Yuniman.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak 23 September 2019 sampai 12 Oktober 2019 itu terdiri dari beberapa pekerjaan. Tiap pekerjaan seperti rabat beton jalan sepanjang 300 meter dengan lebar 2,5 meter membutuhkan peran serta masing-masing warga hingga jadi. “Kini resmi bisa diakses warga setempat sejak Rabu, (17/10),” tukasnya.

Tak hanya mengurangi pengangguran, dengan melakukan peningkatan akses jalan juga membantu mobilitas petani. Artinya, program ini punya dampak luas.

“Program Padat Karya ini sasarannya masyarakat yang belum bekerja atau pengangguran. Meskipun itu bersifat sementara atau bukan pekerjaan reguler, yang penting ada kegotong-royongan dari warga untuk berpatisipasi dalam pembangunan padat karya,”? tutupnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Disnaker Kabupaten Malang
Editor: Indra M

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.