Prof Didik Rachbini Sebut Warisan Pemikiran BJ Habibie Tidak Hanya IPTN - JPNN.com

BJ Habibie di kediamannya pada 1 Mei 2019. Foto M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA – Prof Didik Junaedi Rachbini, anak buah Prof BJ Habibie di dalam kepengurusan organisasi Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia atau ICMI menyampaikan rasa duka yang mendalam atas meninggalnya Presiden ketiga RI tersebut.

Didik pun menyampaikan pandangannya tentang tokoh yang menurutnya sangat berperan dalam sejarah mengantar peralihan rezim Orde Baru ke Orde Reformasi.

Dalam masa kepemimpinan yang singkat, kata politikus PAN ini, Habibie telah melahirkan banyak kebijakan yang mendorong ke arah demokratisasi politik, desentralisasi, Bank Indonesia yang independen, hingga pemberantasan korupsi.

“Boleh dikatakan bahwa Habibie adalah Bapak demokrasi Indonesia,” kata tokoh berusia 59 tahun ini di Jakarta, Rabu (11/9).

Ketika kehidupan Indonesia masih agraris tahun 1980-an dan orang belum kenal apa itu ilmu, apa itu teknologi, katanya, Prof Habibie mengenalkan konsep ilmu pengegahuan dan teknologi yang kemudian dikenal dengan istilah iptek kepada bangsa ini.

Bahkan, dia menyebutkan bahwa modernisasi Indonesia juga melalui kiprah dan pemikirannya. Bahwa warisan pemikiran Habibie dalam bidang teknologi menurut Didik, tidak hanya PT IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara), kini PT Dirgantara Indonesia, tapi ada yang lainnya.

“Warisan pemikiran dan usaha Prof Habibie dalam bidang teknologi semestinya bisa dilanjutkan untuk memperkuat Indonesia dalam bidang teknologi. Warisan PT PAL untuk bidang perkapalan, PINDAD untuk persenjataan, IPTN untuk kedirgantaraan,” jelasnya.

Didik berharap, semua warisan pemikiran Habibie itu masuk dalam kerangka undang-undang pembangunan teknologi nasional dan kekuatan militer, agar Indonesia tidak diremehkan oleh dunia internasional.

“Ini yang diabaikan selama ini sehingga Indonesia tergantung kepada teknologi luar,” tandas mantan Cagub DKI Jakarta pada Pilkada 2012 ini.(fat/jpnn)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.