JawaPos.com – Satuan Sabhara Polrestabes Surabaya punya alat baru. Yakni, kendaraan taktis (rantis) penghalau massa. Rantis sumbangan dari Mabes Polri itu datang kemarin (17/10).

Sekilas, bentuknya mirip head tractor yang dimodifikasi. Kasatsabhara Polrestabes Surabaya Kompol Oki Ahadian Purwono menyatakan, kendaraan tersebut berasal dari Slovakia. ’’Menurut informasi yang kami dapat, hanya ada lima di Indonesia,” jelasnya. Selain Surabaya, daerah yang mendapat sumbangan rantis dari Mabes Polri adalah Jakarta Pusat, Medan, Solo, dan Timika.

Fungsi rantis itu mirip barikade. Tamengnya bisa dilebarkan hingga 8 meter. ”Bahannya dari besi dan kaca fiber tebal,” terangnya. Menurut Oki, kendaraan tersebut dapat ’’mendorong’’ massa untuk mundur.

Oki menambahkan, rantis itu tergolong canggih untuk kendaraan besar. Ada dua CCTV dan tangga hidrolis yang bisa naik-turun. ”Dapat digunakan sebagai pusat komando,” tuturnya. Selain itu, rantis tersebut dilengkapi GPS. Bisa dimonitor dari jarak jauh. ”Mabes Polri juga bisa tahu di mana lokasinya,” lanjutnya.

Oki sudah mempersiapkan empat anggotanya untuk mengurus rantis itu. Dua anggota bertindak sebagai operator dan dua lainnya menjadi mekanik. Mereka mendapat pelatihan khusus dari Mabes Polri.  

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.