Ilustrasi politik uang @okezone
Ilustrasi politik uang @okezone

MALANGTODAY.NET – Jelang pemilu, banyak aksi yang dilakukan oleh para calon ‘aktor’ politik, mulai dari kampanye sampai politik uang. Hal yang paling menjadi perhatian adalah terkait politik uang. Pulau Jawa dinilai menjadi lokasi paling mendominasi terkait aksi sebar-sebar fulus ini.

Laboratorium Big Data dan PolGov Research Center UGM membuktikan bahwa percakapan terkait politik uang terpusat di Jawa. Hasil riset menunjukkan bahwa ada 7.647 percakapan politik uang di media sosial. Berdasarkan total tersebut, ada 1.817 percakapan yang menyebut kata ‘amplop’.

Kesimpulan ini diperoleh setelah para peneliti menganalisis percakapan di media sosial mulai tanggal 2 sampai 12 April 2019.

“Untuk big datanya memang pembicaraan tentang politik uang itu memang masih mendominasi di Jawa,” ujar Dosen Fisipol UGM, Mada Sukmajati, seperti dilansir dari Detiknews, pada Selasa (16/4/2019).

Mada (panggilannya) mengatakan lebih spesifik terkait hasil riset tersebut. sebanyak 433 percakapan tentang politik uang terjadi di Jawa Barat; menyusul DKI Jakarta dengan 358 percakapan; Jawa Timur 222 percakapan; dan Jawa Tengah 140 percakapan.

“(Sementara) daerah lain (pembicaraan mengenai politik uang) berada di bawah 100 percakapan,” lanjutnya.

Mada melanjutkan bahwa ada beberapa hal yang memantik pembahasan politik uang di media sosial. Salah satunya terkait OTT KPK terhadap anggota DPR RI sekaligus caleg Partai Golkar, Bowo Sidik Pangarso terkait aksi ratusan ribu amplok ‘serangan fajar’.

Selain itu, percakapan tentang politik uang juga dipengaruhi oleh tingkat kepadatan penduduk dan pendidikan. Faktor inilah yang menyebabkan percakapan politik uang di Jawa lebih dominan.

Meski demikian, bukan berarti potensi politik uang berpusat di Jawa.

“Dari sisi tingkat pendidikan kita sudah melihat ada kesadaran orang untuk melawan politik uang (di Jawa). Namun, juga belum bisa dikatakan kalau Jawa lebih anti-politik uang,” sambungnya.

Mada juga menjelaskan bahwa politik uang dengan pemberian uang cash (kontan) dan pemberian sembako masih akan mendominasi di pemilu 2019. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.