Densus 88 Ringkus Terduga Teroris di Gunung Kidul - MalangTODAY
Ilustrasi Densus 88 @ Twitter

MALANGTODAY.NET – Toko Wanky Cell di Bekasi, Jawa Barat milik terduga teroris Rafli menjadi sasaran operasi polisi, Kamis (9/5/2019). Hasilnya, polisi menemukan Mother of Satan. Mother of Satan adalah bom berdaya ledak tinggi jenis triacetone triperoxide (TATP).

Berdasarkan informasi, bom ini dirakit oleh kelompok teroris JAD Bekasi. Polisi mengemukakan perakitan bom jenis ini tidak bisa dilakukan sembarang orang. Sebab, dibutuhkan keahlian khusus untuk merakit berdaya ledak tinggi ini.

“Bom-bom yang dirakit JAD Bekasi berbeda dengan bom di Sibolga, Sumatera Utara. Bom yang mereka rakit kekuatannya high explosive. Bahan-bahannya Mother of Satan,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri dilansir dari Detik.com (10/5/2019).

Dedi mengatakan otak pembuatan Mother of Satan ini berada di tersangka EY. EY telah berhasil diamankan polisi pada Rabu (8/5/2019) di Jalan raya Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur. Ia merupakan pimpinan JAD Bekasi.

“Kelompok-kelompok yang belakangan ini kami tangkap adalah kelompok-kelompok terorisme yang terstruktur. Ada amir dan perangkat-perangkatnya. Mereka dibaiat lewat media sosial. Kalau amirnya tertangkap, dia akan dibaiat Oman Abdurrahman,” terang Dedi.

Dalam penggerebekan, polisi menyita beberapa barang bukti diantaranya kabel, saringan, dan beberapa 20 bahan baku bom. 20 bahan baku ini bisa menghasilkan 10 buah bom pipa.

“Labfor juga ada tadi bawa serangkaian benda untuk meracik bom, yakni sendok saringan dan alat-alat yang diduga untuk meracik bom. Ya alat-alat yang dikaitkan dengan pembuatan bom sendiri,” katanya. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.