JawaPos.com – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Gatot Eddy Pramono bertemu dengan sejumlah perwakilah tokoh masyarakat Papua yang berada di Jabodetabek. Gatot menyampaikan kepada mereka bahwa semua warga Papua adalah saudara yang layak hidup berdampingan dengan semua suku bangsa di Indonesia.

Pertemuan ini dilakukan pasca kerusuhan yang terjadi di Manokwari dan beberapa lokasi lain di Papua. Gatot ingin para masyarakat Papua di Jabodetabek bisa ikut andil mendinginkan situasi yang tengah panas di beberapa daerah lain.

“Kita sepakat para tokoh masyarakat Papua di Jakarta ini akan menjadi cooling system, mendinginkan situasi baik di DKI maupun teman-teman yang ada di Jogja di Surabaya, bahkan Papua. Agar aman, damai, situasi sejuk,” tegas Gatot, Senin (19/8).

Gatot pun menegaskan bahwa para warga Papua yang tinggal di Jabodetabek dan sekitarnya tetap bisa beraktivitas seperti biasa tanpa perlu khawatir mendapatkan diskriminasi. “Polda Metro Jaya bersama TNI akan menjamin keamanan (para masyarakat Papua Jabodetabek, Red) dalam beraktivitas, baik itu ke kantor, sekolah ataupun kegiatan lainnya,” ujar Gatot.

Sementara itu, perwakilan tokoh Papua Jabodetabek Febiolla Irriana Ohei merasa senang dengan pertemuan ini. “Saudara yang tadinya takut aktivitas kali ini nggak perlu takut dan bisa kembali berkegiatan,” kata Febi.

Febi berharap peristiwa intimidasi di Malang dan Surabaya bisa menjadi yang terakhir kalinya. “Ormas lain jangab mengompori. (Polisi) tindak tegas ke kelompok yang memicu konflik. Hentikan rasisme dalam bentuk apapun,” tukas Febi.

Untuk diketahui, kasus rasialis berujung ricuh ini berawal dari intimidasi yang dialami mahasiswa Papua di Surabaya. Dari informasi yang beredar, intimidasi tersebut dimulai dari tersebarnya sebuah video mahasiswa Papua yang mematahkan tiang bendera Merah Putih lalu dibuang ke selokan. Buntut kejadian tersebut, kerusuhan kemudian pecah di Manokwari, Papua Barat.

Belum ada kejelasan terkait kebenaran video tersebut.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.