Selain TNI, Polda Jatim Juga Ajak Linmas untuk Amankan Pilkada Serentak 2018
Upacara jelang pengamanan Pilkada serentak 2018 @ IDNTimes/Ardiansyah Fajar

MALANGTODAY.NET – Jelang Pilkada serentak 2018, Kepolisian Daerah Jawa Timur atau Polda Jatim mengerahkan sebanyak 1.115 personel untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi ini.

Personel tersebut disebar ke beberapa titik, seperti Polres, Polsek hingga Tempat Pemungutan Suara atau TPS.

Baca Juga: Ingat! Sebelum Nyoblos di TPS, Perhatikan 5 Hal Ini Ya!

Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan bahwa kepolisian juga akan bersinergi dengan TNI dalam mengamankan jalannya Pilkada serentak 2018 di Jawa Timur pada Rabu (27/6).

“Pasukan akan diterjunkan ke beberapa Polres, termasuk di Madura. Penebalan di sejumlah Polres dan Polsek, dan beberapa di TPS. Ini nanti akan kita serahkan sepenuhnya kepada Kapolres yang sudah menghitung jumlah kekurangan,” jelasnya seperti yang dilansir dari idntimes.com, Senin (25/6).

Baca Juga: Puncak Masa Kampanye, KPU Gelar Gebyar Pilkada Kota Malang Bersama Musisi Lokal

Pengamanan juga dilaksanakan di Madura, anggota kepolisian bersama 400 anggota TNI dari satuan Kostrad, bergabung dan mengadakan patroli gabungan untuk mencegah adanya aksi yang menganggu ketertiban dan kenyamanan Pilkada 2018.

“Pak Panglima (Kodam V Brawijaya) telah menggeser pasukannya ke Madura untuk penebalan kekuatan bisa dilakukan patroli gabungan. Untuk mengantisipasi orang yang akan berniat jahat,” tambah Machfud.

Tak hanya mengandalkan operasi gabungan TNI-Polri, pengamanan juga melibatkan petugas Linmas pemerintah setempat yang diperbantukan untuk melakukan pengamanan di TPS bersama Polri.


Penulis: Annisa Eka Safitri
Editor: Annisa Eka Safitri

Loading...