KOTA BATU – Petani Kota Batu menciptakan produk inovasi pertanian berupa kentang warna warni. Rekayasa tanaman jenis umbi ini tak hanya membuat komoditas kentang makin menarik, namun juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Rekayasa genetik kentang tersebut dilakukan Rudy Mardiyanto, petani asal Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

“Ada kentang dengan kulit dan daging warna hitam, kentang kulit dan daging warna merah, kulit putih dengan daging berwarna hitam, kulit ungu muda dengan daging hitam,” rinci Rudy kepada radarmalang.id.

Ia mengungkapkan, kentang warna tersebut ia ciptakan dengan menggunakan antosianin warna. Ide itu berangkat dari banyaknya petani yamg mengeluh karena permintaan kentamg terus menurun.

Tidak hanya unik, kentang warna ini ternyata juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian di laboratorium Universitas Brawijaya, Rudy menuturkan, kentang warna tersebut memiliki bakteri yang membantu melapisi hemoglobin darah sehingga mampu menekan sel kanker hingga batas minimum. Selain itu, kandungan vitamin A pada kentang warna tersebut juga sangat baik untuk kesehatan mata dan kulit.

“Kalau urusan rasa, kami berani di adu dengan kentang jenis apapun. Apalagi jika kentang warna ini dijadikan keripik,” imbuh Rudy.

Ia mengungkapkan, respon petani terhadap kentang baru itu cukup bagus. Pihaknya telah menyuplai ke beberapa daerah di luar Kota Batu, sementara untuk petani lokal, Rudy menjalankan sistem kemitraan dengan bagi hasil 50-50 persen.

Disinggung terkait perkembangan, Rudy menjelaskan dirinya saat ini tengah mengembangkan bibit kentang warnanya di dua green house miliknya yang berukuran sekitar 400 meter persegi.

“Beberapa tempat di Indonesia mulai melirik kentang ini sehingga kami saat ini sedang mengembangkan bibit kentang warna karena saat ini hanya terdapat 1000 bibit,” tandas Rudy.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.