Ilustrasi pesaswat (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Pesawat Caribou dengan kode penerbangan PK-SWW milik Pemerintah Kabupaten Puncak, Papua, yang hilang kontak di Ilaga kini telah ditemukan pada Selasa (1/11) sekitar pukul 06.30 WIT.

Kepala SAR, Rimiki Mahfud mengatakan pesawat tersebut ditemukan di ketinggian 2.000 kaki. Pesawat buatan Amerika Serikat itu hilang kontak saat terbang dari Timika menuju Ilaga Puncak, Senin, 31 Oktober 2016. Pesawat yang hilang kontak diketahui  mengangkut bahan bangunan seberat tiga ton.

Selain bahan bangunan, di dalam pesawat tersebut juga ada empat orang, terdiri dari Pilot Farhat Limi, First Officer (FO) R Fendi Ardianto, Engineer Steven dan Flight Operation Officer (FOO) Andi Baringan.

Dilansir dari republika, pesawat tersebut melakukan first contact dengan ILAGA Radio pada pukul 23.23 UTC, melaporkan posisi ILAGA PASS dan menyampaikan perkiraan tiba di ILAGA pukul 23.27 UTC. Pada pukul 23.30 UTC, petugas ILAGA Radio mencoba memanggil pesawat PK-SWW namun tidak ada respon.

Selain itu juga dicoba meminta bantuan kepada pesawat yang melintas di area Ilaga namun sampai pukul 00.20 UTC, tidak ada informasi mengenai keberadaan pesawat tersebut. Petugas AIS Airnav Sentani kemudian membantu untuk declared ALERFA.

Pada pukul 23.22 UTC petugas TWR Timika (WAYY) mendapatkan  informasi bahwa diterima laporan dari pesawat menerima signal ELT pada posisi 40 NM-45 NM R.060 TMK VOR (Posisi antara Ilaga Pass dengan Jila Pass).

Pada pukul 00.31 UTC dilaporkan oleh PK BVM yang mendarat di di Timika (WAYY) ATA 00.31 UTC, signal ELT diterima pada koordinat S 04 07 46 E 137 38 11. Koordinasi sudah dilakukan antara SAR dan KNKT setempat. (rpl)

Berikan tanggapan Anda