RADARMALANGID – Mengalami kembung pada bagian perut memang membuat kondisi tubuh kurang fit. Perut kembung merupakan kondisi saluran pencernaan yang dipenuhi gas atau udara. Oleh karena itu, perut kembung harus diatasi dengan cara yang tepat agar perut terasa lebih lega.

Dilansir dari Bustle (8/11), kondisi ini umumnya ditandai dengan perasaan penuh pada perut, kencang, atau mengembang yang terkadang diikuti rasa sakit. Biasanya, beberapa orang langsung mencari pengobatan medis, termasuk mengonsumsi obat. Padahal, ada cara-cara alami yang bisa dicoba untuk mengatasi kondisi tersebut.

1. Air dengan perasan lemon
Asupan air yang cukup jadi kunci pencernaan yang sehat. Anda bisa mencoba air dengan tambahan perasan lemon untuk meningkatkan manfaat, karena buah berwarna kuning ini dipercaya bisa membantu mengurangi konstipasi dan kembung berkat kandungan serat larut di dalamnya.

2. Teh peppermint
Peppermint dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan mentol dan menton di dalamnya bersifat antipasmodik (relaksasi otot) dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi teh peppermint, perut kembung bisa dihilangkan dengan cepat. Peppermint merangsang sekresi asam pencernaan dan membantu mengeluarkan gas.

3. Teh jahe
Sekian lama jahe jadi andalan dalam ilmu pengobatan tradisional maupun modern. Jahe mengandung dua senyawa, yakni gingerol dan shogaol untuk mengurangi peradangan usus. Saat perut kembung, sebaiknya rebus potongan jahe selama 10 menit. Minum air rebusan jahe untuk mengatasi perut kembung. Anda bisa menambahkan madu atau perasan lemon atau madu untuk menambah cita rasa dan manfaat.

4. Pisang
Konsumsi makanan yang mengandung potassium bisa membantu mengatasi perut kembung, termasuk pisang yang merupakan salah satu sumber potassium terbaik.

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi sumber potassium lain seperti sayuran hijau, biji-bijian dan alpukat.

5. Kurangi makanan mengandung garam
Kandungan natrium alias garam pada gorengan atau makanan yang memakai garam sebagai bahan masakan lain bisa menyebabkan retensi cairan yang menjadi alasan utama perut kembung terjadi.

Natrium memengaruhi kemampuan ginjal untuk membersihkan tubuh dari cairan dan limbah. Menghindari makanan yang mengandung garam bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi perut kembung.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.