Prabowo Subianto (Istimewa)
Prabowo Subianto (Istimewa)

MALANGTODAY.NET Bertarung dua kali dalam pemilihan presiden 2014 dan 2019 bukan hal yang mudah bagi Prabowo Subianto. Tak jarang, ucapan-ucapan Calon Presiden nomor urut 2 tersebut sering menjadi sorotan bagi kalangan masyarakat. Beberapa kali, pernyataan Prabowo bahkan mengundang pro dan kontra.

Menurut kubu Prabowo, apa yang disampaikan Prabowo adalah fakta dan bukan bentuk penyebaran pesimisme kepada masyarakat, melainkan dorongan untuk membenahi bangsa.

Pernyataan-pertanyaan tersebut bisa jadi bukan serta merta muncul begitu saja. Ada hal yang melatarbelakangi perwira peraih pangkat jenderal tersebut mengatakan hal-hal itu. Meski begitu tetap saja kontroversi. Melansir dari berbagai sumber, berikut selengkapnya:

BACA JUGA: Teka-teki Pengganti Risma, Megawati Mau Ajukan Keponakannya?

1. Indonesia bubar tahun 2030

Prabowo sempat mengutip novel fiksi ilmiah berjudul ‘Ghost Fleet: A Novel of the Next World War’, rilis tahun 2015, yang ditulis oleh PW Singer dan August Cole.

“Di negara lain mereka sudah bikin kajian-kajian, mereka meramalkan Indonesia sudah tidak ada lagi tahun 2030,” ujarnya dalam orasi.

Publik pun geger dengan pernyataan tersebut, namun ternyata ucapan tersebut mengacu pada cerita fiksi.

2. Tampang Boyolali

Prabowo pernah melontakan sebuah candaan bahwa tampang Boyolali tidak bisa masuk hotel mewah dan akan langsung diusir jika datang. Sontak, ia pun mendapat kecaman masyarakat, bahkan orang-orang Boyolali termasuk Bupati Boyolali, Seno Samadro, ikut mengecam.

Namun, Prabowo sendiri sudah memberi klarifikasi dan meminta maaf langsung. Ia menjelaskan bahwa pernyataan tersebut hanyalah candaan dan tidak bermaksud menyinggung siapa pun.

3. Air laut akan naik sampai Bundaran HI pada 2025

Prabowo menyampaikan data Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN) yang mengatakan bahwa air laut di utara Jakarta bisa naik ke wilayah Jakarta Pusat di tahun 2025.

“United Nations (UN) memprediksi bahwa air dari Tanjung Priok di 2025 akan sampai di (Hotel) Kempinski, di Grand Hyatt. Air dari Tanjung Priok akan sampai Bundaran HI, permukaan air terus naik lima sentimeter setiap tahun,” kata Prabowo.

Namun menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ia tak ingin mengomentari ramalan dan hanya fokus pada tugas yang menjadi kewajibannya.

Baca Juga  Blunder, Ini Serangan Prabowo ke Jokowi yang Justru Bikin Bunuh Diri!

“Saya enggak komentar soal ramalan, saya menyiapkan tentang program yang memang sudah direncanakan pemerintah. Itu tugas saya,” tutur Anies dikutip dari Kompas.com, Kamis (22/11/2018).

4. Lulus SMA hanya jadi tukang ojek

Rabu (21/11/2018) lalu, Prabowo menyinggung meme yang menunjukkan karier pemuda bangsa yang setelah lulus SMA menjadi tukang ojek. Pernyataanya tersebut dianggap membuat masyarakat yang berprofesi sebagai tukang ojek merasa tersinggung.

Saat itu Prabowo mengungkapkan kesedihannya melihat pemuda bangsa hanya berujung sebagai tukang ojek setelah menempuh pendidikan dari SD hingga SMA.

Menurutmu mana yang paling kontroverisal Zens?


Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...