Sering Dituduh Antek Asing, Ini Perlakuan Jokowi ke Trump!
Joko Widodo (kiri) saat bertemu Presiden AS, Donald Trump @VOA Indonesia

MALANGTODAY.NET – Masa pemerintahan Joko Widodo di Indonesia, ia berhasil merebut kembali saham mayoritas di PT Freeport Indonesia sebesar 51 persen. Hal ini menjadi prestasi yang senantiasa diklaim olehnya. Upayanya merebut perusahaan milik Amerika Serikat (AS) menyisakan tanda tanya, bagaimana hubungannya dengan Presiden AS saat ini?

Dilansir dari DetikFinance, Sabtu (23/3/2019), Jokowi menyebut usaha pemerintah merebut kembali Freeport bukan hal yang mudah. Ia menyebut ada negosiasi yang memerlukan waktu cukup lama. Usaha yang tidak mudah ini membuatnya heran dengan sebutan antek aseng yang beberapa kali disematkan kepadanya.

“Freeport 40 tahun lebih dikelola Freeport McMoRan. Di situ ada tanah, gunung. Tapi kurang lebih Rp 2.400 T, kita ambil 51,2% mayoritas sudah kita ambil. Kok dituduh antek asing? Dipikir ambil seperti ini gampang? Kalau mudah, sudah diambil sejak dulu. Ini sulit negonya,” terang Mantan Wali Kota Solo itu saat berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (23/3/2019) kemarin.

Jokowi juga mengaku pasca pengambilalihan Freeport, ia tidak memiliki masalah dengan para pemimpin AS. Bahkan, Donald Trump yang kini menjabat presiden saja tidak berbicara apapun saat bertemu dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Banyak yang sampaikan ke saya, ini Amerika lho, ini Amerika lho. Ya saya ngapain sih? Kita negara besar. Saya ambil Freeport, ketemu Obama saat itu, dia nggak ngomong apa-apa. Saya ketemu Donald Trump, berapa kali 4-5 kali nggak ngomong apa-apa juga. Artinya apa, kita ini takut karena ditakut-takuti,” tutur Jokowi.

Tak hanya Freeport, Jokowi juga menyinggung beberapa blok migas seperti Rokan dan Mahakan yang dulu dikuasai oleh asing. Bahkan, keduanya sudah diambil 100 persen. “Kok dituduh antek asing,” katanya. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.