Sidang PPKI (Istimewa)

MALANGTODAY.NET– Apa yang terjadi setelah Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945? Salah satu peristiwa bersejarah setelah Indonesia merdeka adalah sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Sidang PPKI sendiri berjalan sebanyak 3 kali mulai dari tanggal 18 hingga 20 Agustus 1945. Pada tanggal 19 Agustus, PPKI melaksanakan sidang kedua mereka dan menghasilkan beberapa keputusan.

Berikut adalah hasil keputusan dari Sidang PPKI pada tanggal 19 Agustus 1945:

1. Membentuk Pemerintah Daerah yang Terdiri Atas 8 Provinsi

Hasil dari sidang PPKI pada tanggal 19 Agustus ini adalah pembentukan pemerintah daerah. Indonesia kemudian dibagi menjadi 8 provinsi dimana di setiap provinsi dipimpin oleh gubernur selaku kepala daerah.

8 provinsi tersebut meliputu Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sunda Kecil (Nusa Tenggara), Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

2. Pembentukan Komite Nasional Daerah

Selain pembagian wilayah, PPKI juga membentuk Komite Nasional Daerah di tiap 8 provinsi yang telah di bagi.

3. Pembentukan 12 Kementerian dan 4 Menteri Negara

Dalam sidang kedua PPKI ini, dilakukan pembentukan 12 kementrian kabinet di tiap departemen serta 4 menteri negara non-departemen.

4. Pembentukan Tentara Rakyat Indonesia

Setelah sidang kedua PPKI rampung, diadakan rapat kecil yang menghasilkan keputusan untuk segera membentuk Tentara Rakyat Indonesia. Atas usulan Adam Malik, pembentukan pasukan tentara nasional ini berasal dari tentara Heiho dan PETA.

Bukan hanya itu, anggota kepolisian dimasukkan dalam departemen dalam negeri. Keputusan ini dihasilkan dari buah pikiran Otto Iskandardinata. Kemudian Otto Iskandardinata, Abdul Kadir dan Kasman Singodimerjo ditunjuk untuk mempersiapkan pembentukan tentara kebangsaan dan kepolisian negara.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.