Dishub Jatim Tampik Pembatalan Pergub Terkait Taksi Online
Ilustrasi taksi online © Tribun Timur

MALANGTODAY.NET – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan mengeluarkan peraturan baru terkait transportasi online. Aturan tersebut akan mengatur tarif taksi online dengan cara penetapan batas atas dan batas bawah. Peraturan akan berlaku per satu April 2017.

Komisioner Ombudsman, Alvin Lie Ling Piao, sebagaimana dilansir MalangTODAY.net dari DetikFinance mengatakan, penyesuaian tersebut menjadi salah satu langkah dari pemerintah untuk menciptakan persaingan sehat, antara taksi online dan transportasi konvensional.

“Kami juga mendorong agar transportasi konvensional memanfaatkan kecanggihan teknologi agar lebih maju,” katanya.

Ia pun menyampaikan, setiap perizinan dan kewajiban yang dibebankan kepada transportasi konvensional akan dikaji. Apabila terdapat peluang untuk dipangkas, maka akan dipotong agar biayanya juga turun.

Menurutnya, Ombudsman setuju dengan langkah yang diambil oleh pemerintah tersebut. Karena apabila tidak diambil tindakan tegas, maka ketika terjadi permasalahan, pertanggungjawabannya akan tidak jelas.

“Dijalani dulu, nanti kalau ada kekurangan bisa diperbaiki. Jangan langsung ditolak saja,” tambah Alvin.

Menurutnya, penentuan batasan tarif penting. Karena dari tarif akan didapatkan penghasilan yang dapat digunakan untuk perawatan mobil. Namun apabila tidak ada peraturan tersebut dikhawatirkan pelaku usaha akan saling banting harga ketika melakukan perawatan mobil.

“Kalau harga perawatan kebanting, maka keselamatan dan kenyamanan konsumen yang jadi taruhan,” paparnya. (ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here