Oh...Ternyata Kesini Larinya Penggunaan Dana Potongan Gaji PNS
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Setelah sempat dibingungkan dengan kemana larinya dana potongan gaji Pegawai Negeri Sipil atau PNS, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akhirnya membeberkan tujuan penggunaan dana tersebut.

Pemerintah Indonesia sedang berencana untuk membuat Peraturan Presiden (Perpres) mengenai potongan gaji PNS untuk zakat. Tak hanya gaji pokok, tunjangan pun juga akan dipotong.

Baca Juga: Alami KDRT, Begini Kronologi Kejadian Mantan Sinden OVJ Dianiaya

Walaupun hal ini sudah terlebih dahulu dilakukan di daerah Aceh, banyak Aparatur Sipil Negara atau ASN yang masih menanyakan, kemana alur dana potongan gaji ini? Jawabannya adalah untuk kepentingan masyarakat umum!

Dilansir dari viva.co.id, hal itu langsung dipaparkan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, yang mengatakan bahwa dana ini akan digunakan untuk kepentingan masyarakat, mulai dari masalah sosial, ekonomi hingga pembangunan fasilitas umum.

Lho, bukannya itu ditanggung sama Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APDB dan Anggaran Pendapatan Belanja Nasional atau APBN ya?

Baca Juga: Ini Dia Lima Warung Bakso Paling Enak di Malang Selatan

Nah, menurut Lukman, dana itu masih belum cukup untuk melayani masyarakat di berbagai bidang.

“Dana dari APBD dan APBN masih belum mampu memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat di berbagai bidang,” tuturnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama juga menyebutkan bahwa potensi zakat yang diambil dari potongan gaji PNS sangatlah besar. Lebih besar daripada nominal APBD dan APBN. Sehingga hal ini bisa menjadi biaya untuk melayani masyarakat.

Baca Juga: Misteri Penggunaan Dana Potongan Gaji PNS untuk Zakat

Nantinya, jika sistem ini berhasil di kalangan ASN, akan menyebar ke beberapa perusahaan swasta.

“Kami prioritas ASN dulu yang relatif mudah ditangani dan kelola. Tentu nanti kalau ini berjalan baik bisa kepada komunitas dan lingkungan lain,” tutup Lukman.

Loading...