Kalahkan Pekerja Kantoran, Pengemis Ini Punya Rumah dan Harta Rp 1 Miliar!
Legiman saat terjaring operasi Satpol PP di Pati (Kompas.com)

MALANGTODAY.NET – Seorang pengems bernama Legiman (52) asal Pati, Jawa Tengah mengaku memiliki harta senilai Rp 1 miliar. Hal ini ia ungkapkan pada petugas kepolisin usai terjaring operasi penertiban Pengemis, Gelandangan, dan Orang terlantar (PGOT) di Kawasan Simpang Lima Pati pada Sabtu (12/1/2019) lalu.

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibumtranmas) Satpol PP Kabupaten Pati, Udhi Harsilo Nugroho menyatakan keterangan Legiman mengejutkan para petugas. Ia menerangkan harta tersebut berbentuk rumah, tanah, dan tabungan.

“Setelah kami interogasi, yang bersangkutan mengaku memiliki rumah senilai Rp 250 juta, tanah senilai Rp 275 juta, dan tabungan di bank sejumlah Rp 900 juta,” terang Udhi, dikutip dari Kompas.com, pada Selasa (15/1/2019).

Ini bukan kali pertama Legiman terjaring operasi serupa. Berdasar keterangan Udhi, pria paruh baya ini juga sudah pernah terjaring operasi pada minggu lalu.

Legiman diketahui mendapat banyak sekali uang dari mengemis. Bahkan saat ditangkap ia diketahui mengantongi uang senilai Rp 695 ribu dari hasil mengemis di hari itu.

“Minggu lalu dia sudah pernah tertangkap. Kami hitung hasil mengemisnya, dapat Rp 1.043.000. Malam ini, kami hitung perolehannya Rp 695.000,” tambah Udhi.

Selain Legiman, petugas Satpol PP Kabupaten Pati juga mengamankan dua pengemis lainnya. Salah seorang di antaranya bahkan membawa serta anak perempuannya dan ada pula yang membawa senjata tajam.

Meski tak sebanyak harta milik Legiman, Udhi menjelaskan bahwa beberapa dari mereka juga memiliki kartu ATM dan tabungan di bank. Ia juga menerangkan bahwa mereka dengan mudah dan cepat mendapat uang dengan mengemis.

Udhi menghimbau pada masyarakat untuk mematuhi peraturan daerah No.7 Tahun 2018. Para pengemis ini kemudian akan dikenai denda senilai Rp 1 juta.

“Baik yang meminta-minta maupun yang memberi dikenakan denda Rp 1 juta. Jangan dikira pengemis-pengemis itu orang yang tidak berpunya,” tuturnya. (KIS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.