Pendaki Gunung Arjuno Dikabarkan Tewas Tersambar Petir
Ilustrasi Petir (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Rombongan pendaki Gunung Arjuno dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA), mengalami musibah saat melakukan pendakian pada Selasa (13/12/2016) siang kemarin. Rombongan berjumlah 8 orang tersebut dikabarkan tersambar petir saat melakukan pendakian di lereng Gunung Arjuno.

Akibatnya, 1 orang dikabarkan tewas dan 2 lainya luka-luka dan tidak dapat melanjutkan perjalanan. Berdasarkan data yang diterima, kabar tersebut awalnya diterima melalui radio komunikasi (HT) oleh Pos 2 Gunung Penanggungan sekitar pukul 12.00 WIB. Berita tersebut disampaikan oleh call sign ranting asal Trawas yang sedang melakukan pendakian bersama lima orang lainnya.

Informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh petugas Pos Pendakian Penanggungan. Sebanyak empat orang meluncur ke Pos Pendakian Welirang untuk melaporkan pada petugas jaga.‎ Sekitar pukul 16.30 WIB, Ketua rombongan pendaki UNESA yang mengalami musibah, yakni Nur Ali Ridho bersama rekannya sudah tiba di Pos Tretes. Keduanya melaporkan kejadian yang dialami rekannya tersebut.

Sesuai informasi dari Nur Ali Ridho, posisi korban berada di sekitar Watu Gedhe, di atas Lembah Kijang, sekitar satu kilometer dari puncak Arjuno.‎ Perlu diketahui, puncak Gunung Arjuno berada di ketinggian 3.339 mdpl. Gunung Arjuno bersebelahan dengan Gunung Welirang, Gunung Kembar I dan Gunung Kembar II.

Musibah yang dialami rombongan pendaki tersebut dibenarkan oleh Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana. “Iya mas, ada laporan begitu, ini sedang mempersiapkan tim evakuasi,” ujar Bakti saat dihubungi Selasa malam.

Puncak Gunung Arjuno terletak pada satu punggungan dengan puncak gunung Welirang, sehingga kompleks ini sering disebut juga dengan Arjuno-Welirang. Secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan. Puncak gunung ini bisa dicapai dari tiga titik pendakian yaitu Lawang, Tretes dan Batu‎. (dwi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.