Pendafataran SNMPTN Telah Dibuka, Ini Persyaratan yang Harus Dipenuhi
SNMPTN 2017 (www.snmptn.ac.id)

MALANGTODAY.NET – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) resmi dibuka hari ini, Selasa (21/02) untuk para siswa kelas XII atau sederajat.

Hanya siswa yang memenuhi syarat yang dapat mendaftar SNMPTN. Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) kelas terakhir pada tahun 2017 dan mengikuti Ujian Nasional (UN) yang memenuhi persyaratan sebagai berikut;

1. Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:

2. akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;

3. akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;

4. akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;

5 belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.

6. Pemeringkatan dilakukan oleh Panitia Pusat.

7. Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,

Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.

Pendaftaran SNMPTN

Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2017 http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

a. Siswa Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.

  1. Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id
  2. Siswa Pendaftar mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Bagi sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses internet, dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran dapat dilakukan di Plasa Telkom di seluruh Indonesia.

Biaya SNMPTN ditanggung Pemerintah, sehingga siswa pendaftar tidak dipungut biaya apapun. Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi melalui laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi.
Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi http://www.snmptn.ac.id.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here