Pemkab Pasuruan Enggan Danai Jalan Tembus Sukorejo-Batu
Ilustrasi proyek jalantembus (radarmadura)

MALANGTODAY.NET – Rencana pembebasan tanah dan pembangunan jalan tembus Sukorejo-Batu mulai dilaksanakan tahun 2017 mendatang. Meski ada sinyal dari Pemerintah provinsi Jawa Timur yang menyebut pemerintah daerah harus menyiapkan anggaran dalam proses pembangunan tersebut, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan memastikan tak menyediakan dana. Ini, lantaranjalan tembus tersebut bukan merupakan program prioritas dari Pemkab Pasuruan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf sendiri. Sebelumnya, Pemkab Pasuruan memang sudah menandatangani MoU terkait pembangunan jalan tembus Pasuruan-Batu yang melibatkan 3 daerah yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

“Sebelumnya sudah kita sepakati dari Bupati Pasuruan, Bupati Malang, dan Wali Kota Batu bahwa Pemerintah Provinsi yang fasilitasi. Jadi, saya sepakati saja waktu itu,” ungkapnya.

Sehingga, jika pemprov meminta untuk menyiapkan anggaran dalam proses pembangunan Jalan Tembus Pasuruan-Batu tersebut, Pemkab Pasuruan memastikan menolak, bahkan memang sama sekali tak menyiapkan anggaran dalam APBD 2017 mendatang.

Irsyad menjelaskan, bahwa Pemkab Pasuruan memiliki prioritas-prioritas pembangunan dan visi misi mulai tahun 2013-2018.  Sehingga, anggaran dana untuk Jalan Tembus Sukorejo-Batu tidak termasuk prioritas pembangunan yang dimasukkan dalam APBD. Irsyad mengatakan, bahwa tiap tahun pemkab ada prioritas program.

“Kalau saya tiba-tiba alihkan dana untuk membangun jalan tembus, ya bisa dimarahi sama masyarakat nanti,” ungkapnya.

Menurutnya, banyak pembangunan di Pasuruan yang lebih penting, seperti membangun wilayah timur, ketersediaan air, dibandingkan kebutuhan jalan tembus. Sebelumnya, rencana proyek jalan tembus Sukorejo-Batu adalah proyek dari Pemprov Jatim untuk mengurai kemacetan yang tinggi di jalur Pasuruan ke arah Malang.

Rencananya, jalan tembus tersebut mencapai 33 kilometer. Kabupaten Pasuruan sendiri akan dilalui sepanjang 10,3 kilometer yang melewati 8 desa di 3 kecamatan di Sukorejo, Purwosari, dan Purwodadi.Anggaran dari pembangunan Jalan Tembus Pasuruan Batu sendiri mencapai Rp 1,3 miliar. (dwi)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here