MALANGTODAY.NET – Presiden RI Joko Widodo menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya  Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya Raja Bhumibol Adulyadej,” ujar Jokowi, Kamis (13/10).

Orang nomor satu di Tanah Air itu menuturkan, Raja Thailand dikenal sebagai sosok pemimpin yang mampu membawa persatuan dan kesejahteraan bagi rakyatnya. Raja Bhumibol Adulyadej ialah raja yang paling lama berkuasa di dunia, yakni berkuasa dalam kurun waktu 70 tahun. Ia pun dianggap oleh rakyatnya sebagai figur pemersatu Thailand.

“Dunia kehilangan seorang pemimpin yang dekat dengan rakyatnya, pembawa kedamaian, persatuan, dan kesejahteraan bagi rakyat Thailand,” tambahnya.

Untuk diketahui, Bhumibol Adulyadej meninggal dengan damai di Rumah Sakit Siriraj. Ia meninggal di usia senja, 88 tahun. Sebelumnya, Raja Bhumibol Adulyadej memang telah lama dikabarkan sakit sehingga ia jarang tampil di depan umum

Menurut Presiden Jokowi, kecintaan Raja Bhumibol pada rakyat Thailand perlu diteladani.

“Kesederhanaan Raja Bhumibol Adulyadej dan perhatiannya terhadap rakyat patut kita teladani,” kata Jokowi.

Pemerintah Indonesia melalui pernyataan tertulis Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, mendoakan agar seluruh keluarga kerajaan dan rakyat Thailand diberikan ketabahan dan kekuatan atas meninggalnya Raja

Kementerian Luar Negeri RI juga menjelaskan bahwa Raja Bhumibol adalah negarawan yang dikenal sangat dekat dengan rakyatnya serta membawa persatuan, pembaharuan dan kesejahteraan bagi rakyat Thailand.

Kementerian Luar Negeri RI juga menyatakan negara-negara di ASEAN dan dunia merasa kehilangan dengan berpulangnya Raja Bhumibol. (voa/ind)

Berikan tanggapan Anda