Ilustrasi debat Capres dan Cawapres @ Antara
Ilustrasi debat Pilpres @ Antara

MALANGTODAY.NET Ada perbedaan pada salah satu sesi debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 kedua yang dirubah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang digelar Minggu (17/2/2019) mendatang. Nantinya, KPU akan menayangkan beberapa film pendek sebagai bahasan kedua Calon Presiden (Capres).

Seperti yang diketahui, tema debat kedua kali ini mengenai energi, lingkungan hidup, infrastruktur, pangan, dan sumber daya alam. Film pendek yang akan ditayangkan nantinya tentu tidak jauh dari tema-tema tersebut.

Baca Juga  Gelar Aksi, Ratusan Tukang Ojek di Malang Tuntut Prabowo Minta Maaf

KPU berharap dengan adanya perubahan format ini maka peserta debat akan tampil lebih rileks. Namun kedua Calon Presiden (Capres) juga nantinya diharuskan membahas isu dari apa yang telah ditayangkan.

“KPU sudah memutuskan ada format dan mekanisme yang beda dengan pertama, agar memungkinkan peserta debat tampil lebih rileks dan original, eksploratif terhadap gagasan-gagasan besar,” ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Hotel Sultan, Jakarta, dilansir dari laman Suara, Kamis (7/1/2019).

Wahyu mengatakan akan ada 5 film pendek yang masing-masing berdurasi 30-60 detik. Dari kelima film pendek itu, akan dipilih satu oleh Ketua KPU Arief Budiman untuk kemudian dibahas oleh kedua capres.

“Kan ada 5 tema, sehingga kita buat video sejumlah video itu. Nah mekanismenya ketua KPU akan ambil satu video yang ditayangkan. Karena kalau lima-limanya ditayangkan, enggak cukup. 1 tema 1 video. Nanti mekanismenya diambil oleh ketua dan ditayangkan,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Debat Pilpres 2019 kedua akan digelar di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/1/2019) pukul 19.00 WIB. Namun akan ada banyak perbedaan aturan main dibandingkan dengan debat sebelumnya selain film pendek tersebut.

Baca Juga  Deretan Kutipan Lucu Nurhadi-Aldo, Lemaskan Situasi Politik yang Tegang

Di antaranya, peserta debat yang kedua ini hanya akan dihadiri oleh capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. Perbedaan lainnya ialah tidak ada lagi kisi-kisi pertanyaan seperti halnya di debat pertama.

Debat akan disiarkan secara langsung oleh empat stasiun televisi yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV. Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki juga menjadi dua moderator yang ditunjuk KPU untuk memandu jalannya debat. (HAM)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.