MALANG – Novosibirsk Maldives, Danau Siberia yang terkenal dengan keindahannya banyak memikat wisatawan yang ingin berswafoto di sana. Namun, perairan pirus yang tenang tersebut nyatanya bukanlah keindahan alam. Novosibirsk Maldives merupakan kolam buatan beracun yang penuh dengan zat kimia.

Dilansir dari CNN, Kamis (11/7), Novosibirsk Maldives merupakan kolam buatan yang sangat beracun dan biasa digunakan untuk membuang abu dari pabrik batu bara di dekatnya. Pihak perusahaan yang bertanggung jawab dengan jelas memperingatkan bahwa kolam tersebut tidak aman untuk berenang.

“Dalam minggu terakhir, timbunan abu kami dari Novosibirsk TEZ-5 telah menjadi bintang jejaring sosial,” katanya. “Tapi kamu TIDAK BISA berenang di tempat pembuangan abu. Airnya memiliki lingkungan alkali yang tinggi. Ini disebabkan oleh fakta bahwa garam kalsium dan oksida logam lainnya dilarutkan di dalamnya. Kontak fisik dengan air seperti itu dapat menyebabkan reaksi alergi!”

Perusahaan juga memperingatkan pengunjung bahwa dasar danau sangat berlumpur sehingga keluar “hampir mustahil.”

Perusahaan kemudian memperingatkan dengan huruf kapital: “OLEH KARENA ITU, KAMI MEMINTA ANDA YANG DATANG UNTUK SELFIE AGAR HATI-HATI UNTUK TIDAK JATUH KE BAWAH!”

Danau Siberia tersebut memang menakjubkan dengan warna airnya yang spektakuler. Namun sebenarnya warna teresebut berasal dari berbagai oksida logam yang terlarut hingga membuat air menjadi sangat basa, dengan pH lebih dari 8.

Meskipun ada peringatan sedemikian rupa, orang-orang terus berduyun-duyun ke danau untuk berfoto sampai puas.

“Kami tahu bahwa danau itu beracun dan tidak masuk ke air,” Marina Zheleznova, seorang wanita muda Siberia yang melakukan pemotretan di tepi danau bersama pasangannya, mengatakan kepada CNN. “Tapi itu bukan alasan untuk menghentikan orang Rusia mengatur seluruh piknik di tepi danau. Seorang pria bahkan mandi di sana, padahal sudah dilarang keras.”

Instagrammer lain telah membuat akun penggemar yang disebut “Novosibirsk Maldives,” yang mengumpulkan foto narsis yang diambil di danau.

“Saya hanya menikmati fotografi,” Leo Alexey, yang mengatur halaman, mengatakan kepada CNN. “Tempat ini sangat menarik walaupun Anda tidak bisa berenang di sana karena tingginya kandungan kalsium dan oksida logam yang dapat menyebabkan alergi.”

“Saya telah ke sana lima kali, dan saya berencana untuk pergi lebih banyak,” katanya, menambahkan: “Saya pergi ke sana setiap akhir pekan tetapi saya tidak menyentuh air.”

Penulis : Risma Kurniawati
Foto : Istimewa
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.