LPAI Heran Publik Lebih Risau Pernikahan Dini daripada Seks Pranikah

KOTA BATU – Tingginya tren nikah muda di Kota Batu yang mencapai angka 93 dari 243 pengajuan pernikahan pada tahun 2019 nyatanya memiliki dampak yang cukup fatal. Salah satunya, banyak anak lahir dari pasangan pernikahan dini yang tak memiliki legalitas.

“Pasangan yang menikah muda tersebut nyatanya banyak yang menikah di bawah tangan (siri.red) oleh sebab itu ada anak yang tidak memiliki legalitas secara sah,” jelas Kepala Bagian Administrasi Kesra dan Sosial Kota Batu, Ismail Abdul Gani disela-sela kegiatan pemaparan Pembinaan Keluarga Sakinah di Kantor Desa Pandanrejo Selasa Siang (17/9).

Ia menambahkan, untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemkot Batu berencana menggandeng Kementerian Agama (kemenag) Kota Batu untuk mempermudah pengurusan legalitas pasangan muda dan anak dari pasangan muda tersebut.

Ismail mengaku dirinya tidak bisa mengetahui secara pasti jumlah anak dan pasangan yang tidak memiliki legalitas karena tidak tercatat di Kantor Kemenag sehingga pihaknya hanya bisa memantau pengajuan pernikahan muda. Oleh sebab itu saat ini bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) dan Kemenag tengah mengkaji program agar pasangan muda tersebut bisa mudah dalam mengurus legalitas sah keluarganya baik dokumen pendudukan secara sah maupun akta kelahiran anak.

“Langkah awalnya kami akan mencoba menggandeng Ibu PKK di Kota Batu untuk mensosialisasikan program ini. Insya Allah 2020 bisa mulai terlaksana,” ungkap Ismail.

Kendati demikian, ia berharap seluruh elemen masyarakat lebih menggencarkan sosialisasi bahaya nikah muda apalagi pasangan nikah muda tersebut didominasi oleh siswa yang putus sekolah.

“Kami hanya ingin mempermudah saja dalam pengurusan legalitas anak dari pasangan muda dan ini bukan merupakan jalan keluar, oleh sebab itu kami tengah mengkaji secara matang dengan Kemenag. Kalau langkah yang paling baik ya tidak menikah muda,” tandasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Ilustrasi: dok JPNN
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.