ZETIZENID – Beberapa waktu lalu, Katy Perry dituntut denda USD 2,78juta atas tindakan plagiarisme single hit ‘Dark Horse’ (2013) atas lagu rap ‘Joyful Noise’ (2008), oleh sang penyanyi, Flame atau dikenal dengan nama panggung Michael Gray.

Dilansir dari Variety (15/10), pihak Katy Perry telah mengajukan permohonan pada pengadilan California untuk membatalkan atau setidaknya mengadakan persidangan baru.

Dalih yang dibawa oleh pihak Perry adalah bahwa lagu Gray tidak dapat memberikan bukti bahwa Perry mendengar dan meniru lagu tersebut. Bahkan, dalam dokumen yang diajukan, lagu ‘Joyful Noise’ dianggap tidak cukup terkenal untuk dapat terdistribusi dan sampai di telinga sang pelantun ‘Roar’ tersebut.

“Tidak ada fakta temuan yang dapat menyimpulkan bahwa ‘Joyful Noise’ begitu terkenal hingga secara wajar terdakwa mendengarnya,” begitu bunyi salah satu pembelaan dalam dokumen. “Penggugat tidak menambahkan bukti berupa penjualan apapun dan tidak ada bukti terdokumentasi dari radio atau televisi manapun, atau pertujukan langsung dari ‘Joyful Noise’,” tandasnya lagi.

Tak hanya Perry sendiri, Capitol Records, Warner Bros, Kobalt Publishing dan Kasz Money, bersaama dengan produseer dan penulis lagu Dr. Luke, Max Martin, Cirkut, Sarah Hudson dan Juicy J yang terlibat dalam produksi lagu tersebut juga turut bertanggung jawab dengan kasus plagiarisme lagu ‘Dark Horse’ ini.

Penulis: Ananda Triana
Foto: Istimewa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.