MRT Segera Rilis, Media China Sebut Ini ‘Keuntungan’ Bagi Jokowi!
Presiden Joko Widodo (kedua dari kanan) saat uji coba MRT Jakarta @TerasMaluku

MALANGTODAY.NET – Kabar segera diresmikannya moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menjadi buah bibir hingga mancanegara. Sejumlah media asing turut memuji keberadaan moda baru ini sebagai langkah awal untuk mengentaskan kemacetan di ibukota Indonesia itu. Namun ada media yang menyoroti ada keuntungan politis di balik keberhasilan itu. Benarkah?

Dilansir dari Kompas, Selasa (19/3/2019), harian South China Morning Post (SCMP) menyebut keberhasilan ini tak bisa dilepaskan dari peran Jokowi saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Seperti yang ditulis, proyek MRT ini sempat magkral 26 tahun sebelum kembali dicanangkan oleh suami Iriana Widodo itu.

“Saat saya menjadi gubernur, saya mendapat laporan pembangunan MRT terbengkalai 26 tahun. Presentasi mereka soal proyek ini hanya seputar keuntungan dan kerugian saja,” terang Jokowi.

Setelah mendapatkan laporan itu, Jokowi kemudian menginisiasi kembali pembangunan MRT Jakarta dengan modal pinjaman lunak dari Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA). Menurutnya, subsidi Rp3 triliun setiap tahuhn untuk MRT akan lebih baik ketimbang menanggung kerugian Rp65 triliun karena kemacetan lalu lintas.

Selain itu, SCMP juga menganalisis bahwa keberhasilan MRT Jakarta akan menunjang elektabilitasnya saat menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Meski gagal selesai saat Asian Games 20108 lalu, namun ia beruntung karena pembangunan selesai tepat saat tahun pemilihan.

“Pada 2013, Jokowi belum menjadi kandidat presiden dan dia menargetkan MRT beroperasi saat Asian Games digelar, target itu tak tercapai. Tapi dia beruntung MRT beroperasi di tahun pemilihan,” tulis SCMP mengutip pernyataan peneliti Masyarakat Transportasi Indonesia, Djoko Setijowarno.

Jadi, sejauh apa keuntungan elektabilitas Jokowi melalui pembangunan MRT ini? Kita tunggu saja kelanjutannya! (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.