Soroti MRT Jakarta, Media Asing Sebut Jakarta Akan ‘Tenggelam’!
Ilustrasi MRT Jakarta @BreakingNews

MALANGTODAY.NET – Moda Mass Rapid Transit (MRT) akan segera diresmikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Keberadaan moda transportasi baru ini dipercaya akan menuntaskan masalah kemacetan yang tak kunjung habis di wilayah ibukota. Kehadiran MRT di Jakarta ini mendapatkan sorotan dari media-media internasional.

Dilansir dari Kompas, Selasa (19/3/2019), MRT Jakarta telah memiliki jaringan kereta api bawah tanah dan layang fase pertama sepanjang 16 kilometer. Jalur ini membentang dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Kehadirannya diharapkan dapat melewati 13 stasiun dengan mengangkut 130.000 penumpang setiap harinya.

Beberapa media internasional menyoroti kehadiran MRT Jakarta itu. Harian The Washington Post menyebut bahwa keberadaannya dapat mengurangi rasa frustasi, keringat, dan asap kendaraan yang mendominasi jalanan ibukota. Harian AS juga menyebutkan penyebab kemacetan di kota yang dulunya bernama Batavia itu adalah meningkatnya jumlah kendaraan bermotor.

Sementara itu, SFGate menilai MRT Jakarta adalah awal yang baik untuk mengurangi kemacetan. Pasalnya, jika tak ada moda transportasi yang layak, Jakarta dipastikan akan ‘tenggelam’ dalam lautan kendaraan bermotor. Meski masih dalam fase pertama, kehadirannya menjadi momentum yang besar.

Walau begitu, harian yang berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat (AS), itu menyebutkan Jakarta masih memerlukan beberapa tahun agar manfaat MRT benar-benar bisa dirasakan. Penyebabnya, setiap hari ada sekitar 1,4 juta orang memasuki ibukota untuk bekerja sementara maksimal pengangkutan per hari hanya 130.000 penumpang.

Warga Jakarta masih harus bersabar untuk benar-benar merasakan manfaat MRT. Setelah fase pertama ini selesai, masih ada pembangunan fase selanjutnya di utara Jakarta yang siap dioperasikan pada tahun 2024 dan di sisi timut di tahun 2026. Nggak sabar? Mari kita nantikan bersama! (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.