Mobil Perdesaan @MalangTODAY/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Pemerintah Indonesia nampaknya benar-benar serius dalam menggarap kendaraan pedesaan. Pasalnya, purwarupa sudah hampir finish dan melalui masa uji coba.

Bahkan, mobil yang diyakini mampu membantu masyarakat desa itu kini telah mengantongi izin prototipe dan ditargetkan meluncur pada Agustus ini.

Dilansir MalangTODAY.net dari CNN, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmatel) Kemeperin I Gusti Putu Suryawirawan menyebutkan, pengembangan dari proyek tersebut telah mendapat bantuan dari salah satu produsen yang memang memiliki ketertarikan untuk membantu proses produksi.

Namun, lanjutnya, ketertarikan tersebut hanya sebatas niat dan belum ada kepastian. Dia juga menyebutkan, produsen asal Jepang, Mitsubishi itu mengaku siap memberi bantuan dan tanpa menjabarkan lebih rinci jenis bantuan yang dimaksudkan.

“Masih belum pasti, nanti tergantung Mitsubishi,” tambahnya.

Sementara untuk memperjelas kerja sama tersebut, menurutnya pemerintah tengah menyiapkan skema yang dibutuhkan dalam pengembangan mobil tersebut. Sebab pengembangan kendaraan terdapat bagian critical dan non-critical. Dimana bagian critic rencananya akan dialokasikan pada industri kecil dan menengah.

Proses produksi dari mobil pedesaan itu secara tidak langsung menunjukkan perkembangan yang cukup cepat dan signifikan. Berbeda dengan mobil Esemka yang sampai saat ini masih belum diketahui kepastiannya.

Meski begitu, Putu merasa lebih optimis bahwa kendaraan pedesaan ini akan memiliki nasib yang lebih baik ketimbang mobil Esemka. Bahkan dia percaya, proyek terbaru ini tidak akan mangkrak di tengah jalan.

“Kendaraan pedesaan ini bukan kendaraan yang akan diproduksi massal, jadi kenapa harus berhenti,” terangnya seperti dikutip CNN.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here