Masa Kampanye, 8 Mobil Esemka Lolos Uji Tipe & Siap Rilis. Dikebut?
Jokowi dan Mobil Esemka @PinterPolitik

MALANGTODAY.NET – Baru-baru ini, nama mobil Esemka kembali mencuat ke publik setelah 11 tahun tak terdengar gaungnya. Saat pertama kali muncul dulu, mobil karya siswa SMK di Solo tersebut digadang-gadang sebagai mobil nasional. Namun hingga kini, belum ada realisasi konkrit terkait mobil karya anak bangsa ini.

Sebelumnya, Esemka dinyatakan gagal dalam serangkaian uji kelayakan. Pada 2010 lalu, mobil ini gagal uji emisi sebelum akhirnya dinyatakan lolos di tahun 2012. Meski demikian, kegagalan di awal tersebut membuat minat para pejabat yang sebelumnya tertarik menggunakan mobil tersebut sirna begitu saja. Imbasnya, mobil ini gagal diproduksi massal.

Baca Juga: PKS Bolehkan Kampanye Negatif, Fahri Hamzah: Dia Mau Menanggung Dosanya?

Kini, Esemka dikabarkan siap memproduksi mobil dalam waktu dekat. Dilansir dari Detik.com, hal ini dikonfirmasi  oleh PT Solo Manufaktur Kreasi dan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) siap meluncurkan 8 mobil Esemka. Uniknya, nama-nama bobil ini menggunakan nama khas Indonesia seperti Garuda, Bima, Naga, Borneo, dan Digdaya.

Permainan Politik Jokowi?
Presiden Jokowi saat tertawa @ Pojoksatu

Mobil Esemka kerap dikaitkan dengan nama Joko Widodo. Tak salah, Esemka berhasil melambungkan nama Jokowi dan dijadikannya sebagai mobil dinas saat ia masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Hal ini dicurigai oleh beberapa pihak sebagai salah satu manuver Jokowi jelang Pilpres mengingat beberapa tahun lalu.

Baca Juga: Dua Peluru Nyasar di Gedung DPR, Satu Nyaris Tembus Kepala Anggota F-Gerindra

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah bahkan secara tegas menyatakan bahwa Esemka tak ayal hanya sebagai permainan politik ala Jokowi. Ia menduga bahwa bisa saja mobil tersebut adalah mobil impor yang diganti logonya.

“Ini soal Esemka ini akan menjadi permainan menjelang Pilpres kayaknya, ya. Jelaskanlah itu sebenarnya ada nggak sih mobilnya itu,” ujar Fahri dilansir dari Detik.com, Senin (15/10/2018) lalu.

Namun hal tersebut dibantah oleh Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono. Meski tak menyebutkan kandungan lokal mobil ini, namun ia meyakinkan bahwa Esemka merupakan produk asli Indonesia.

Baca Juga: Tak Banyak Pamer, Ini Kontribusi Menteri Susi Untuk Korban Bencana Palu

“Nggak mungkin dong kaya gitu (impor mobil China dan ganti emblem). Namanya bukan produk lokal dong,” bantah Diaz dikutip dari Detik.com (16/10/2018).

Jika dilihat dari trend-nya, sepertinya gaung mobil Esemka sering terdengar pas Jokowi mau pemilihan aja nggak, sih? Bagaimana menurutmu, ZensTODAY?


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...