KOTA MALANG – Ketua KONI Kota Malang Eddy Wahyono menyebut karakteristik anak-anak di bidang olahraga di Kota Malang dan Kabupaten Malang berbeda. Iklim Pendidikan Olahraga di Kota menurut Eddy banyak tertinggal karena kebanyakan anak-anak lebih difokuskan pada kegiatan akademik seperti mata pelajaran.

“Kemudian orang tua juga mungkin lebih fokus kepada akademik daripada olahraga,” papar Eddy dalam Dialog Bersama KONI Malang Pasca Porprov 2019 di kantor Jawa Pos radar Malang hari ini (18/7).

Menurut Eddy, hal itu menjadi hambatan. Ditambah mindset orang tua yang kebanyakan menolak jika anaknya lebih fokus dengan kegiatan olahraga ketimbang akademik.

“Ya ini tidak semuanya, tapi kan memang olahraga di kita belum ada jaminan, kalau berprestasi nanti menjadi PNS, kan belum ada seperti itu, jadi otomatis mungkin mereka menjadi lebih mengejar prestasi,” papar Eddy.

Jadi, rata-rata yang kini dikeluhkan pengelola masing-masing cabor di Kota Malang kini adalah susah mencari anak-anak muda, bibit-bibit muda yang mau memilih jalur berpretasi di bidang olahraga.

“Sementara di Kabupaten, ya kurikulumnya mungkin sama tapi cara belajar mengajarnya berbeda, sehingga anak tidak terlalu terbebani dengan pelajaran,” imbuhnya.

Pada akhirnya, waktu untuk berlatih olahraga banyak dan didukung juga oleh Pemkab lewat kegiatan kompetisi olahraga rutinan.

Menurut Eddy, Kabupaten Malang yang memiliki wilayah geografis yang luas juga berpengaruh bila mengadakan ajang sekelas Porkab (Pekan Olahraga Kabupaten).

“Kabupaten kan punya 33 Kecamatan, hampir 400 desa, kalau mau mengadakan kompetisi pasti menarik karena wilayahnya banyak, banyak yang datang dari daerah-daerah, bersaing. Sementara di Kota Malang, hanya terdiri dari lima kecamatan,” papar Eddy.

KONI Kota Malang sendiri memang harus puas dengan hasil peringkat empat di Porprov 2019 dengan total perolehan 40 emas, 49 perak, dan 49 perunggu, dengan total 138 medali. Sementara Kabupaten Malang, berada satu tingkat di atasnya di posisi tiga. Hal ini bakal dijadikan ajang pembenahan KONI untuk ajang Porprov di tahun mendatang.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.