Jepang menyerah tanggal 15 Agustus

MALANGTODAY.NET-Tanggal 15 merupakan peristiwa bersejarah di Indonesia khususnya dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. 15 Agustus 1945 adalah hari dimana Jepang menyerah dalam Perang Dunia II. Menyerahnya Jepang ini juga menandai akhirnya Perang Dunia II.

Rangkaian ini dimulai dari tanggal 6 Agustus dan 9 Agustus dimana Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Pada 9 Agustus, Uni Soviet melancarkan penyerbuan mendadak ke koloni Jepang di Manchuria (Manchukuo) yang melanggar Pakta Netralitas Soviet–Jepang.

Kaisar Hirohito campur tangan setelah terjadi dua peristiwa mengejutkan tersebut dan memerintahkan Dewan Penasihat Militer untuk menerima syarat-syarat yang ditawarkan Sekutu dalam Deklarasi Potsdam. Setelah berlangsung perundingan di balik layar selama beberapa hari dan kudeta yang gagal, Kaisar Hirohito menyampaikan pidato radio di hadapan rakyat pada 15 Agustus 1945.

Dalam pidato radio yang disebut Gyokuon-hōsō (Siaran Suara Kaisar), Hirohito membacakan Perintah Kekaisaran tentang kapitulasi, sekaligus mengumumkan kepada rakyat bahwa Jepang telah menyerah kepada Sekutu. Pidato yang terekam dalam piringan hitam ini dikenal sebagai pidato suci Hirohito dengan judul “The Voice of the Crane”.

Pidato Menyerahnya Jepang dalam Perang Dunia II Sampai ke Indonesia

Pada siang hari tanggal 15 Agustus, siaran radio Jepang yang mengumumkan penyerahan Jepang juga diterima di Jakarta. Pidato radio tersebut sangat mengagetkan banyak pihak di tanah air. Bukan hanya para pembesar pemerintah pendudukan Jepang, tetapi juga terhadap semua tokoh Indonesia yang terkait dengan kemerdekaan yang akan datang.

Tidak lama setelah pidato radio tersebut, Soekarno, Mohammad Hatta, dan Achmad Soebardjo mendapat kepastian tentang berita penyerahan itu dari Laksamana Muda Maeda Tadashi.

Setelah tanggal 15 Agustus terjadi kekosongan kekuasaan di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh para pemuda Indonesia untuk mengumandangkan proklamasi pada 17 Agustus 1945.

Menyerahnya Jepang pada tanggal 15 Agustus ini diperingati sebagai hari yang bersejarah pula di berbagai negara. Di Australia, tanggal 15 Agustus diperingati sebagai Hari Kemenangan di Pasifik (V-P Day). Di Korea Selatan, 15 Agustus diperingati sebagai gwangbokjeol atau Hari Kebebasan Nasional Korea.

Penulis: Tria
Editor : Een

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.