Ini Cara Menteri Susi untuk Tingkatkan Kualitas Gizi Santri
Menteri Susi @MalangTODAY/ Istimewa

MALANGTODAY.NET – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta nelayan tidak mencederai lautnya dengan menggunakan bom dan potasium ketika menangkap ikan, serta tidak memperbanyak sampah plastik di laut.

“Menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak serta potasium akan nerusak karang-karang dalam lautan dan ironisnya, cara-cara yang demikian ternyata masih banyak ditemui dan terjadi di beberapa daerah,” katanya dalam rilis yang dikeluarkan Rabu (22/3).

Menteri Susi pun mengharapkan peran serta pemerintah daerah serta kepolisian untuk dapat menindak tegas para nelayan nakal yang masih menggunakan bom ikan dan potasium.

Menteri Susi juga berpesan untuk tidak menggunakan plastik, mengingat saat ini sudah ada jutaan ton sampah plastik yang berada di perairan Indonesia.

Sementara itu, Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) menginginkan kebijakan pemerintah dapat melindungi wilayah perikanan tangkap bagi nelayan kecil yang telah berabad-abad melaut di kawasan perairan tersebut.

“Nelayan kecil diberikan kebebasan menangkap ikan di seluruh wilayah Indonesia tetapi tidak ada upaya untuk melindungi wilayah perikanan tangkap yang telah dimanfaatkan secara turun-temurun,” kata Ketua KNTI Marthin Hadiwinata, seperti dikutip dari Antara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.