Romahurmuziy kenakan rompi tersangka KPK @Celebesmedia

MALANGTODAY.NET – Pasca menetapkan mantan Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy, sebagai tersangka dugaan penerimaan suap, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini memeriksa Kementerian Agama (Kemenag). Apakah ada indikasi bahwa Menag Lukman Hakim Saifuddin akan menyusul Rommy?

Dilansir dari DetikNews, Senin (18/3/2019), KPK dikabarkan telah menyegel ruangan Lukman. Penggeledahan ini telah lebih dulu disampaikan oleh Ketua KPK, Agus Rahardjo, untuk mendalami bukti-bukti terkait operasi tangkap tangan kepada eks Ketum PPP itu.

“Ya nanti segera setelah kita lakukan pemeriksaan, kita lakukan (buka segel). Insyaallah hari ini yang kemarin yang kita segel itu kita periksa. Saya nggak tahu yang disegel itu mana saja, itu teman-teman penyelidik yang lebih tahu,” tutur Agus.

Menag Lukman endiri mengaku tak keberatan dengan penyegelan ruangannya itu. Ia juga telah berjanji akan kooperatif dengan KPK guna membantu pengusutan terkait suap jual-beli jabatan di tubuh Kemenag.

“Harapan saya dan kita semua proses ini bisa segera dituntaskan secepat mungkin. Jadi mudah-mudahan besok atau hari Senin itu sudah bisa dilakukan proses tindak lanjut di penyegelan sehingga kemudian ruang-ruang yang ada bisa difungsikan kembali sehingga tidak terlalu mengganggu ritme pekerjaan kami di Kemenag,” kata Lukman.

Adapun soal dugaan kasus suap tersebut, Lukman enggan berkomentar. Menurutnya, Kemenag sudah menjalankan seleksi jabatan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Ia siap mempertanggungjawabkan pernyataannya itu jika dimintai keterangan lebih lanjut oleh KPK.

“Tapi intinya adalah kami melakukan proses pengisian jabatan itu sesuai dengan ketentuan regulasi perundang-undangan yang berlaku. Jadi nanti pada saatnya kami akan memberikan keterangan lebih detail terkait dengan pernyataan tadi itu,” ujarnya, Sabtu (16/3/2019).

Sejauh ini, Rommy ditetapkan menjadi tersangka penerima suap total Rp300 juta. Dirinya didiuga membantu seleksi jabatan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur, Haris Hasanuddin. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.